Lain Lain

Alasan Kenapa Lebaran Jadi Momen Paling Ditunggu

Oleh: Yuliana E. Rohromana Editor: Budy Rasidi 05 Apr 2024 - 13:26 Fak Fak

KBRN, Fakfak : Lebaran tidak pernah tidak  bikin senang,hampir kebanyakan orang merayakan  momen ini penuh suka cita,alasan orang-orang suka  sama momen Lebaran  juga bermacam-macam, mulai dari yang bikin haru sampai yang lucu. berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu tahu kenapa orang suka banget sama Lebaran.

1.Bisa bertemu Sama Orang Tersayang

Buat sebagian orang, bisa pulang kampung dan deket sama orang-orang tersayang itu udah hal yang paling nyenengin banget. Mereka rela pergi jauh dari rumah demi bertahan hidup dan balik lagi ke kampung halaman buat tuker cerita, haha hihi bareng, sampe bagi-bagi rejeki.

Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang menyebut Lebaran sebagai momen penting untuk bisa berkumpul dengan orang-orang tersayang. Ditambah lagi pada Lebaran ada cuti kerja tahunan, waktu inilah kemudian dimanfaatkan oleh sebagian orang yang merantau untuk kebutuhan pekerjaan.

Bukan hanya jadi momen berkumpul dengan orang tua atau sanak saudara yang ada di kampung, Lebaran juga bisa dijadikan sebagai momen bertemu dengan kekasih hati , karena memang ini menjadi momen penting jadi tidak ada salahnya buat kamu untuk mempertemukan pasangan dengan keluarga besar lainnya dan bisa sekalian juga mengenalkan tradisi keluarga.

2.Bisa merasakan  Makanan yang Cuma Ada di Lebaran

Makan ketupat bareng sama lauk-lauknya mungkin cuma ada di momen lebaran. Biarpun di hari biasa bisa saja makan ketupat sama opor, tapi rasanya tetep  berbeda. Belum lagi, pas lebaran bisa juga mencoba banyak kue-kue kering enak yang tidak bisa ditemuin di hari-hari biasa.

Meskipun semua makanan khas Lebaran yang sudah disebutkan  bisa kita temukan di berbagai tempat salah satunya toko online, tetapi tetap saja cita rasanya akan sangat berbeda jika dinikmati bersama dengan keluarga besar atau orang-orang  tersayang. Momen penting inilah yang biasanya menjadi alasan banyak orang untuk pulang ke kampung halaman.

Berkumpul bersama orang-orang tersayang sambil menikmati  camilan hingga menu khas Lebaran, bisa jadi momen langka untuk beberapa orang.

3.Bisa Mudik

Siapa saja  yang tidak  kenal sama tradisi tahunan satu ini, mudik. Bagi para warga Indonesia yang bekerja merantau, mudik jadi satu-satunya  momen yang  selalu ditunggu-tunggu karena bisa saja jadi waktu penting buat orang-orang untuk pulang ke kampung halaman dan bertemu atau berkumpul dengan keluarga besar dan sanak saudara lain.

4.Takbir Keliling Kampung

Tradisi rutin yang tidak mungkin dilewati oleh banyak orang pas Lebaran adalah takbir keliling, biasanya dilakukan pas malam hari sebelum menjelang Lebaran. Kegiatan yang dilakukan saat takbir keliling ini adalah membawa bedug, obor, hingga kembang api sambil berkeliling kampung, hal ini dilakukan agar kegiatan takbiran semakin meriah.

Biasanya kegiatan takbiran ini dilakukan semua orang dari berbagai kalangan usia, saat itu semua orang akan bersuka cita menyambut datangnya Lebaran. Takbiran ini pun dilakukan dengan cara berbeda-beda di berbagai tempat, ada yang berkeliling kampung dengan membawa obor, menyalakan kembang api, hingga makan-makan bersama orang tersayang.

5.Bagi  THR

Jika pada hari raya Imlek ada angpao, maka saat Lebaran ada THR (tunjangan hari raya). Konsepnya sendiri mirip dengan angpau yakni, uang dimasukkan ke dalam amplop kemudian diberikan kepada anak-anak kecil hingga remaja. Tapi biasanya THR juga bisa diberikan kepada para saudara dan tetangga yang berkunjung ke rumah.

Tujuan memberikan THR kepada saudara atau tetangga ini juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rejeki yang sudah didapatkan.