Internasional

WHO Kampanyekan 'Humanly Possible', Selamatkan Manusia dengan Imunisasi

Oleh: Nugroho Editor: Allan 25 Apr 2024 - 09:48 Pusat Pemberitaan

KBRN, Jenewa: WHO, Unicef, Gavi, dan dan Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) meluncurkan kampanye “Humanly Possible”, Rabu (24/4/2024). Kampanye ini bertujuan menyelamatkan jutaan manusia dengan cara melindungi mereka melalui imunisasi.

Kampanye yang digelar global ini menyerukan para pemimpin dunia mengadvokasi dan mendanai vaksin dan program imunisasi. Ini juga sekaligus dapat menunjukkan komitmen pemimpin dunia terhadap kesehatan masyarakatnya.

“Sangat menginspirasi melihat apa yang telah dicapai vaksin selama lima puluh tahun terakhir. Berkat upaya tak kenal lelah dari pemerintah, mitra global, dan pekerja kesehatan menjadikan vaksin lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang,” kata Dr Chris Elias, Presiden Pembangunan Global di Yayasan Bill & Melinda Gates. 

“Kita tidak boleh membiarkan kemajuan luar biasa ini terhenti. Dengan terus berinvestasi pada imunisasi, kita dapat memastikan setiap anak, dan setiap orang, mempunyai kesempatan hidup sehat dan produktif.”

Kampanye ini diluncurkan menjelang peringatan 50 tahun Program Perluasan Imunisasi (EPI) yang akan berlangsung pada Mei 2024. Pada tahun 2000, Gavi, Aliansi Vaksin didirikan untuk memperluas dampak EPI. 

Mereka juga membantu negara-negara termiskin di dunia untuk meningkatkan cakupan dan mendapatkan manfaat dari vaksin-vaksin baru. WHO, UNICEF, dan BMGF sebagai anggota inti Gavi berusaha membantu menyelamatkan lebih banyak nyawa dan mendorong kesetaraan vaksin.