budaya

Dewa Ruci Tokoh Teladan Masa Kini

Oleh: Syamsudin Editor: 10 May 2020 - 11:48 semarang

KBRN, Semarang : Dewa Ruci merupakan salah satu tokoh pewayangan mempunyai sosok teladan bagi generasi milenial. Sikap teladannya yakni dalam pengendalian hawa nafsu yang mengantarkan manusia meraih ketenangan hidup.

“Dewa Ruci itu tokoh pewayangan yang sangat Islami, diantaranya telah menguasai ilmu hakikat, thariqat dan makrifat sehingga meraih kesempurnaan hidup,” ungkap Dalang Ki Ageng Pangreksa Budaya, sebelum pementasan wayang di halaman RRI Semarang, Sabtu (3/8/19).

Dijelaskan, dari tokoh Dewa Ruci generasi masa kini dapat mengambil hikmah atau pelajaran mengarungi kehidupan. Yakni, bersikap sederhana, melihat segala sesuatu tidak berlebih lebihan dan berserah diri atas usaha yang telah dikerjakan.

“Orang jika selalu mengingat Tuhan akan merasa tenang, kalau sedang susah akan sabar, sebaliknya ketika senang menjadi bersyukur, seperti yang dicontohkan Dewa Ruci,” imbuhnya.

Ditambahkan, pentas pewayangan bekerjasama dengan RRI Semarang merupakan salah satu upaya melestarikan sejarah. Menurutnya tokoh Dewa Ruci maupun wayang lainnya masih relevan dijadikan teladan dengan kondisi saat ini.

“Kami rangkul penyanyi dan bintang tamu dari pihak luar untuk menarik masyarakat menonton wayang, tanpa mengurangi nilai klasik wayang itu sendiri,” ujarnya.

Disisi lain, Ki Ageng Pangreksa Budaya menilai kaderisasi dalang, sinden dan pemain karawitan masih tetap terjaga. Bahkan di daerah Solo anak sekolah sudah dapat memainkan wayang. Namun, animo masyarakat menonton wayang dirasa masih kurang.

“Pemain wayang mulai dari dalang, sinden dan pengrawit saya yakin selalu ada, namun yang menonton itu ada atau tidak perlu dukungan dari Pemerintah,” tandasnya.