bisnis

Setelah Sukses Di Kementerian, Wingpoh Berpotensi Menjadi Jajanan Khas Kendal

Oleh: Editor: agus heriyanto 10 May 2020 - 11:45 semarang

KBRN, Kendal : Jajanan lokal yang dikembangkan oleh PKBM Bina Warga Pegandon saat ini telah mulai mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal untuk menjadi jajanan khas daerah. Jum'at (13/9/2019).

Jajanan yang memiliki bahan dasar pohong tersebut diolah menjadi jajanan berbentuk Wingko, sehingga dinamai menjadi Wingko Pohong (Wingpoh). Setalah mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan berupa P-IRT pada bulan Agustus lalu, kini produksi Wingpoh mulai dapat dilakukan secara masal.

Ketua PKBM Bina Warga Kendal Maftukhin mengatakan, jika saat ini pihaknya terus mengembangkan produk Wingpoh tersebut dan dapat diperkenalkan keseluruh masryarakat, lantaran jajanan tersebut masih produk baru.

“Kita terus berbenah walaupun sudah memiliki izin dari Dinkes, pada wingpoh ini kita juga melatih masyarakat lain seperti ibu-ibu eks TKW agar mereka dapat tetap berkarya dan menjadi penghasilan tambahan, selain itu fokus kita saat ini juga agar memperkenalkan jajanan wingpoh” Jelas Maftukhin.

Disisi lain PJ Sekda Kendal Sugiono mengatakan, Pemerintah selalu mendukung produk asli UMKM termasuk jajanan Wingpoh untuk menjadi jajanan khas Kendal, seperti halnya makanan kerupuk rambak yang telah melekat menjadi khas dari Kendal.

“Wingpoh ini merupakan produk baru yang mulai naik, kita siap mendukung apapun itu yang memang asli dari UMKM Kendal. Beberpa pesan juga telah saya sampaikan terkait harga harus kompetitif, kemasan menarik, terutama rasa harus ada khas Kendal pasti Wingpoh akan menjadi jajanan khas Kendal” Terang PJ Sekda Kendal Sugiono.

Dukungan juga hadir dari Ketua Dewan Sementara DPRD Kendal yang tertarik dengan makanan berbahan dasar pohong tersebut, hal ini karena PKBM mampu memberdayakan masyarakat sekitar untuk ikut andil dan tidak mencari keuntungan semata.

Sementara Sebelum mendapatkan izin P-IRT Wingpoh telah masuk dalam kancah Nasional atau menarik perhatian dari program Kementerian Tenaga Kerja terkait program Perluasan Tenaga Kerja, saat ini PKBM Bina Warga mulai melakukan pelatihan diberbagai daerah di seluruh Indonesia melanjutkan program Kementerian Tenaga Kerja.