pemilu

PKB Kota Semarang Belum Tentukan Peta Politik Pilwakot 2020

Oleh: Rahma Purwanto Editor: Lucky Setiawan 10 May 2020 - 11:34 semarang
KBRN, Semarang : Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) di Kota Semarang tahun 2020 beberapa partai politik belum menentukan sikap.

Salah satunya, Partai Kebangkitan Bangsa Kota Semarang yang belum menentukan arah politik untuk Pilkada Semarang 2020.

Anggota Fraksi PKB Kota Semarang Juan Rama mengatakan, PKB masih melihat kondisi politik Kota Semarang. Menurutnya, saat ini kondisi politik di Kota Semarang masih cukup landai dan belum banyak pergerakan dari partai-partai.

“PKB masih melihat peta politik Kota Semarang dan masih menunggu instruksi DPP dan DPW,” ungkap Juan yang juga merupakan anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, Senin (20/1/2020).

Juan menambahkan, PKB belum dapat memutuskan akan mengusung atau mendukung seorang calon. Jika nantinya mengusung calon, PKB pun siap mewarnai kontestasi politik.

Hanya saja, saat ini PKB hanya memiliki empat kursi parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang. Untuk itu, PKB harus berkoalisi dengan partai lain.

“DPW dan DPP akan membuat semacam survei melihat peta politik saat ini. Itu pun harus menentukan sikap dengan partai lain untuk koalisi karena PKB hanya memiliki 4 kursi di DPRD. Untuk menumbuhkan demokrasi, harapannya ada sosok nama baru yang bisa diusung agar petahana tidak melawan kotak kosong,” kata Juan.

Di sisi lain, Juan mengakui, prestasi petahana Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) sangat bagus dalam memajukan Kota Semarang.

“Kalau partai lain semangat untuk bisa sama-sama maju menumbuhkan demokrasi, kami siap. Cuma kami harus lebih berhati-hati. Saya apresiasi Mas Hendi memang cukup bagus memajukan kota ini,” ujarnya.