pemilu

Gerindra Siap Berkoalisi Dengan PDIP Dalam Pilwakot 2020

Oleh: Rahma Purwanto Editor: Lucky Setiawan 10 May 2020 - 11:32 semarang

KBRN, Semarang : Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Semarang memberikan dukungan sepenuhnya kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Semarang pada September 2020 mendatang.

Hal ini diwujudkan dengan dibangunnya koalisi antara Partai Gerindra Kota Semarang dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Semarang. Deklarasi koalisi dilakukan di Hotel Pandanaran, Minggu (9/2/2020) malam, yang juga digelar sebagai perayaan HUT ke-12 Partai Gerindra.

Ketua DPC Gerindra Kota Semarang Joko Santoso mengatakan koalisi tersebut merupakan hasil dari evaluasi dan adanya kesamaan visi misi dalam membangun Kota Semarang menjadi lebih baik, lebih sejahtera, dan lebih hebat.

“Kita diskusi dengan struktur partai dan dengan masyarakat dalam bentuk jajak pendapat, hasilnya kita melihat program pemerintahan Kota Semarang yang dipimpin Mas Hendi saat ini masih bagus. Oleh karena itu kita mencoba bekerjasama dalam rangka pilkada 2020,” katanya.

Lebih jauh Joko mengungkapkan, dari koalisi tersebut pihak DPC selanjutnya akan melaporkan deklarasi ini kepada DPD dan DPP berikut serta dari hasil diskusi lebih lanjut akan dilaporkan kalau nantinya sudah ada nama calon.

“Untuk malam ini kita deklarasikan koalisinya (Gerindra - PDIP), kalau untuk calon namanya kan Mas Hendi juga masih harus menunggu rekomendasi dari DPP. Kalau Gerindra niat dukung PDIP ya deklarasi koalisi dulu, doanya semoga Mas Hendi jadi wali kota lagi, apalagi kalau saya lihat Mas Hendi ini tidak ada lawannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi ditemui usai deklarasi mengucapkan rasa terima kasih kepada Gerindra Kota Semarang yang telah menyerahkan dukungan dan sepakat berkoalisi dengan PDIP dalam Pilwakot Semarang pada 23 September 2020 mendatang.

“Ujung utamanya koalisi ini adalah harus sepakat, bahwa nanti dalam Pilwakot nama yang diusung harus menang. Karena kalau kita punya wali kota maka kita akan bisa membuat Kota Semarang ini terus melakukan progres pembangunan yang masif untuk Semarang semakin hebat. Itu tujuan yang sama-sama kita wujudkan dan selaraskan,” katanya.

Hendrar Prihadi yang juga Wali Kota Semarang ini mengungkapkan, selain partai Gerindra yang telah menyatakan dukungannya secara tertulis, sejumlah partai lain juga menyatakan dukungannya secara lisan, di antaranya seperti partai Golkar, Demokrat, PAN, dan Nasdem.

“Kami rencananya besok Senin (10/2/2020) siang atau sore akan bertemu dengan PKB untuk membicarakan hal yang terbaik bagi Kota Semarang. Sedangkan untuk komunikasi dengan PKS juga sudah dilakukan namun kemarin ‘sinyalnya’ maish belum bulat, sehingga saya tidak mengklaim dukungan dari PKS. Tapi ini intinya adalah proses menuju Pilwakot yang akan datang,” imbuhnya.