seputar-kampus

Dies Natalis Ke 55, Unnes Raih Rekor Dunia

Oleh: Syamsudin Editor: Lucky Setiawan 10 May 2020 - 11:30 semarang

KBRN, Semarang : Di usia ke 55  Universitas Semarang (Unnes) mendapat rekor dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid). Rekor tersebut didapat atas kolaborasi seni pertunjukan “tari krida sang garuda’ dengan property kain sepanjang 55 meter.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman berbagai kegiatan digelar dikampusnya untuk mengerakan kegiatan positif bagi mahasiswa dan masyarakat umum, diantaranya bazar,  pameran, serta berbagai perlombaan. Selain itu juga diadakan jalan sehat beserta hiburan musik dan pembagian doorprice berupa empat sepeda motor dan hadiah menarik lainnya.

“Marilah kita memaknai bersama acara Pembukaan Dies Natalis ini bukan sekadar serimoni, tetapi menjadi penanda fase perkembangan UNNES untuk terus tumbuh dan berkembang hingga mencapai cita-cita para pendahulu kita,” kata Prof Fathur seusai membuka rangkaian Dies Natalis ke 55 Unnes, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, pembangunan SDM unggul harus membawa peradaban dan kebudayaan asli daerah. Dikatakan, cerdas bukan saja tentang ilmu pengetahuan, namun juga dapat menempatkan  seusai dengan kebutuhan masyarakat.

“Spirit “Arum Luhuring Pawiyatan Ing Asthanira” harus dimiliki dan terpatri di seluruh warga UNNES,” imbuhnya.

Dikemukakan Prof Fathur, kebesaran Unnes bukan hanya tentang prestasi yang telah diraih, namun tentang menjaga komitmen menciptakan kampus berwawasan konservasi yang bereputasi internasional. Seperti arahan dari Presiden Joko Widodo untuk selalu meningkatkan kompetensi agar tercipta sumber daya manusia (SDM) unggul.

“Untuk mencapai Indonesia Maju, salah satu kuncinya adalah dengan terus meningkatkan daya saing nasional dengan bertumpu pada kualitas (SDM),” terangnya.

Disisi lain, 50 macam kegiatan digelar dalam rangka dies natalis Unnes ke 55 tahun diantaranya bertema keagamaan dan seni budaya serta pentas mahasiswa. Selain itu juga terdapat bazar dan penganugerahan tentang konservasi.