bencana-alam

Dua Hari Dilanda Hujan, Tiga Rumah Warga Tertimpa Longsor

Oleh: Syamsudin Editor: Tika Vilystya Budiman 10 May 2020 - 11:30 semarang

KBRN, Wonosobo : Beberapa rumah pada 9 kecamatan di Kabupaten Wonosobo terkena tanah longsor pasca diguyur hujan dua hari berturut-turut. Selain itu tanah longsor juga menyebabkan 10 akses jalan warga tertutup.

Kalak BPBD Kabupaten Wonosobo Zulfa Akhsan ketika dihubungi RRI menerangkan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang melanda Kabupaten Wonosobo sejak Rabu (04/03/2020) sampai Kamis (05/03/2020). Akibatnya, terjadi tanah longsor yang menimpa beberapa rumah warga dan menutupi akses jalan desa.

“3 rumah warga desa tertimpa longsor, 1 rumah dan 1 pos kampling mengalami retak dan menutupi 10 akses jalan desa,” kata Zulfa, Jumat (6/3/2020).

Menanggapi kejadian tersebut, Zulfa menjelaskan BPBD Kabupaten Wonosobo menjalin kordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan upaya tindakan. Selain itu juga memberikan bantuan logistik serta melokalisir area terdampak untuk antisipasi longsor susulan.

“Kami bersama TNI Polri dan relawan serta warga lakukan gotong royong bersihkan material dan pembukaan akses jalan, evakuasi barang - barang korban terdampak longsor ke tempat aman (pengungsian), memasang garis pengaman dan himbauan kepada warga yang terdampak dan sekitarnya untuk makin meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Meski terjadi longsor dibeberapa lokasi, Zulfa Akhsan menyebutkan tidak ada korban jiwa maupun luka. Adapun saat ini warga, pemdes setempat, Muspika, TNI, Polri, BPBD,  DPU, dan berbagai Kelompok maupun Relawan bergotong-royong mengatasi bencana sesuai situasi diwilayahnya masing-masing.

“Masyarakat terus waspada longsor, rumah yang berada diperbukitan jika hujan dengan durasi sekitar dua jam dapat berpotensi longsor,” pesannya.