seputar-kampus

Cegah Covid -19, UIN Walisonggo Bagikan Hand Sanitizer Di Semua Ruangan Kampus

Oleh: Syamsudin Editor: Lucky Setiawan 10 May 2020 - 11:29 semarang

KBRN, Semarang : Universitas Negeri (UIN) Walisonggo Semarang produksi 200 botol hand sanitizer untuk pencegahan penularan virus corona dilingkungan kampus. Kedepan, akan produksi 1000 botol untuk diedarkan ke masyarakat umum mengingat persediaan hand sanitizer dibeberapa apotek dan toko masih langka.

Ketua jurusan kimia UIN Walisonggo Semarang Malikhatul Hidayah, ST. M.Pd menerangkan, pembuatan hand sanitizer merupakan respon kampus atas merebaknya virus corona. Nantinya, ke 200 botol hand sanitizer akan dibagikan ke semua ruangan agar digunakan semua civitas kampus.

“Ada 8 Fakultas, 2 lembaga dan kelas-kelas yang akan kami sediakan hand sanitizer,” kata Malikhatul Hidayah kepada RRI, Minggu (15/3/2020).

Produksi hand sanitizer diterangkan Malikhatul Hidayah, sementara masih terbatas dikarenakan bahan-bahannya yang sulit didapatkan. Bahkan, untuk mendapatkannya harus dilakukan pemesanan dahulu karena persediaan di beberapa toko kimia sedang kosong.

“Kami inginnya membuat sebanyak mungkin agar dapat diedarkan kemasyarakat umum, namun persediaan bahan-bahannya masih langka,” imbuhnya.

Terkait produksi hand sanitizer oleh masyarakat umum, menurut Malikhatul Hidayah tidak masalah mengingat antisipasi covid -19 harus terus dilakukan. Namun persediaan hand sanitizer dibeberapa apotek dan toko mengalami kekosongan.

“Untuk pembuatan hand sanitizer oleh masyarakat umum dari internet ada benarnya, namun perlu diperhatikan kadar isopropil minimal 70 % agar dapat mematikan virus,” pesannya.