press-release

Sterilkan 31 Titik Di Semarang, Pertamina Siapkan Ratusan Liter Disinfektan

Oleh: Editor: Tika Vilystya Budiman 10 May 2020 - 11:28 semarang

KBRN, Semarang:PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng & DIY menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang untuk siapkan ratusan liter disinfektan guna sterilisasi 31 titik fasilitas umum yang berada di Kota Semarang. Aksi ini akan dilakukan bertahap dimulai pada hari ini (20/03) hingga sembilan hari kedepan.

Hal tersebut merupakan bagian dari upaya Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara yang ikut serta bersama negara memerangi pandemi virus Corona atau COVID-19 yang telah ditetapkan statusnya sebagai bencana nasional sejak minggu lalu (14/03).

“Dengan adanya penyemprotan disinfektan, ini bisa menjadi langkah preventif pencegahan penularan virus.” ujar Iin Febrian selaku General Manager Pertamina MOR IV di Semarang (20/3/2020).

Hal senada juga diungkapkan oleh Arnaz Agung Andrarasmara, Ketua Baznas Kota Semarang bahwa sebelumnya pihaknya banyak menerima keluhan dari masyarakat terkait kekhawatiran penyebaran virus COVID-19 di ruang publik.

“ Alhamdulillah, Pertamina dapat menjawab permintaan tersebut dengan tanggap memberikan bantuan aksi sterlisasi ruang publik. Kami  memprioritaskan rumah peribadatan karena merupakan tempat publik dengan kategori indoor yang menjadi titik kumpul masyarakat.“ jelas Arnaz.

Pertamina menggandeng Baznas untuk melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di 31 titik yang tersebar di Wilayah Kota Semarang. Adapun 31 titik tersebut terdiri atas 20 masjid dan musholla, 10 Panti Asuhan dan 1 pesantren. Ditemui di lokasi sterilisasi pertama yaitu Panti Asuhan Al- Ihsaniyah, Basri selaku Kepala Panti mengungkapkan rasa syukurnya.

“Upaya yang dilakukan oleh Pertamina sangat bermanfaat bagi kami yang sehari hari berbagi ruang dengan 48 anak-anak panti. Upaya yang dilakukan pula bukan hanya melakukan langkah pencegahan, namun melakukan edukasi terkait menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan dalam mengantisipasi penyebaran virus corona ini” ungkap Basri.

Anna Yudhiastuti selaku Unit Manager Comm & CSR Pertamina MOR IV menjelaskan bahwa Pertamina berupaya hadir bersama masyarakat dan pemerintah untuk melawan pandemi virus Covid-19 di Jawa Tengah dan DIY. Kami sebagai perusahaan yang menjual BBM dan LPG langsung dengan masyarakat senantiasa menjaga fasilitas penjualan kami higienis dan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala bagi petugas yang bertugas melayani masyarakat.(Rel/Dars).