seputar-kampus

Cegah Covid -19, Unnes Produksi Hand Sanitizer Dan Masker

Oleh: Syamsudin Editor: agus heriyanto 10 May 2020 - 11:28 semarang

KBRN, Semarang : 3 Fakultas dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) produksi hand sanitizer dan masker untuk kewaspadaan penyebaran virus corona. Dalam waktu dekat rencananya hand sanitizer dan masker tersebut akan dibagikan kepada lingkungan kampus dan masyarakat umum.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Unnes Muhamad Burhanudin SS MA kepada RRI mengatakan, produksi hand sanitizer dan masker dilakukan oleh fakultas MIPA, Olahraga dan Teknik. Produksi dilakukan lantaran persediaan kedua produk tersebut semakin langka di toko dan apotek.

“Sebelumnya juga dilakukan penyemprotan cairan disektan ke semua ruangan kampus untuk mencegah covid -19,” imbuhnya, Minggu (22/3/2020). 

Pemenuhan bahan baku menurut Burhanudin menjadi kendala produksi hand sanitizer dan masker lantaran persediaan ditoko kimia masih terbatas. Sementara itu untuk pendanaan produksi berasal dari Unnes dan Lazis.

“Kedepan kami harap dari ikatan alumni dan masyarakat ikut berperan membantu pendanaan agar produksinya semakin banyak dan dapat membantu masyarakat yang kesulitan mendapat hand sanitizer dan masker,’ ujarnya. 

Meski tindakan kewaspadaan covid -19 terus dilakukan, Burhanudin meminta civitas kampus tetap tenang mengikuti kegiatan akademik. Pembelajaran dalam jaringan (daring) dilakukan agar mahasiswa tetap mendapat materi kuliah.

“Kendala pembelajaran secara daring yakni terkait stabilitas jaringan internet mahasiswa yang berbeda-beda. Maka mahasiswa diharapkan aktif berkomunikasi dengan dosen agar tidak ketinggalan materi yang diberikan,” pesannya.