ruang-publik

Cegah Infeksi Covid -19, Baznas Semarang Lakukan Penyemprotan di 31 Tempat

Oleh: Syamsudin Editor: agus heriyanto 10 May 2020 - 11:28 semarang

KBRN, Semarang : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) melakukan penyemprotan disinfektan di 31 tempat ibadah dan lembaga pendidikan Islam. penyemprotan ini dilakukan untuk menekan penyebaran infeksi Covid -19.

Ketua Baznas Kota Semarang H. Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, penyemprotan disinfektan ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid 19 di fasilitas publik. Fokus penyemprotan disinfektan yang dilakukan Baznas pada 31 titik ruang publik seperti masjid, musholla, pondok pesantren dan panti asuhan.

“Kami memprioritaskan rumah ibadah karena merupakan tempat publik dengan kategori indoor yang menjadi titik kumpul masyarakat,“ jelas Arnaz, Minggu (22/3/2020).

Dijelaskan, penyemprotan dilakukan secara simultan dalam 9 hari, mengingat luasnya jangkauan tempat pencegahan covid -19. Bahkan, tidak menutup kemungkinan lokasi penyemprotan disinfektan akan ditambah melihat perkembangan situasi dilapangan.

“Penyemprotan ini dilakukan oleh tim Baznas Tanggap Bencana Kota Semarang mengenakan Alat Pelindung Diri secara lengkap seperti helm, masker, kacamata pelindung, sepatu boots, sarung tangan, dan mesin disinfektan sebanyak empat unit,” terangnya.

Ditempat penyemprotan Manager Baznas Kota Semarang Muhammad Asyhar mengatakan, juga memberikan hand sanitizer ke 30 titik. Selain itu pemberian sembako di panti asuhan dilakukan sebagai bentuk kepeduliaan terhadap anak yatim.

“Khusus untuk panti asuhan, kita berikan bantuan paket sembako,” jelas Asyhar.

Senior Supervisor CSR dan SMEPP Pertamina MOR IV Marthia Mulia Asri mengatakan, penyemprotan ini tentu sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 yang telah ditetapkan statusnya sebagai bencana nasional sejak minggu lalu (14/03/2020).

“Dengan adanya penyemprotan disinfektan ini bisa menjadi langkah preventif pencegahan penularan virus,” harapnya.