ruang-publik

Jamin Pelayanan Keamanan Prima di Tengah Corona, Polda Jateng Sterilisasi Markas

Oleh: Tika Vilystya Budiman Editor: Tika Vilystya Budiman 10 May 2020 - 11:28 semarang

KBRN, Semarang: Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amleza Dahniel memimpin langsung giat sterilisasi di lingkungan Markas Polisi Daerah (Mapolda) Jateng, Selasa (24/3/2020).

Tampak anggota Polri maupun tamu serta warga yang datang ke Mapolda Jateng untuk keperluan tertentu mendapatkan pemeriksaan suhu hingga sterilisasi yang dilakukan oleh personil dengan Alat Perlindungan Diri (APD) Khusus.

“Sehubungan dengan arahan dari Pemerintah Republik Indonesia dan Maklumat Kapolri, disamping kita turut melakukan upaya penanganan covid-19. Upaya itu dilakukan baik diluar maupun didalam. Upaya yang dilakukan keluar, kita melakukan upaya melakukan pencegahan dalam berbagai bentuk penularan, pencegahan ke masyarakat dengan melakukan kegiatan sosial distancing. Tadi malem secara serentak jam 10 dipimpin oleh para Kapolres kita melalukan kegiatan itu,” kata Kapolda.

Sebagai bentuk upaya kedalam, Polda Jateng menjamin pelayanan keamanan prima kepada masyarakat meski ditengah wabah virus corona. Salah satu caranya, para anggota Polri dituntut untuk mengalakan upaya pencegahan dalam menjaga kesehatan diri masing-masing sebelum melayani.

“Yang mana polri pada situasi seperti ini tetap harus melakukan upaya pelayanan keamanan, mayarakat harus datang ke kantor polisi, ada sebagian memberi bantuan pada polisi, polisinya juga harus masuk,” imbuhnya.

Adapun upaya sterillisasi ini, bertujuan untuk mencegah penyebaran virus COVID- 19 kepada anggota polri maupun masyarakat yang mendatangi Mapolda Jateng.

“Masuk, kemudian dilakukan stirilisasi dengan mengunakan cairan antiseptik, kemudian dilakukan pemeriksaan suhu, dan mengunakan masker,” terang Kapolda.

Selain penyemprotan disinfektan, Rycko juga telah menginstruksikan anggotanya untuk melakukan upaya bersih-bersih dlingkungan kerja guna mendukung upaya pencegahan corona.

“Kita juga menugaskan kepada anggota untuk melakukan bersih bersih asrama, dengan disinfektan, membuka jendela-jendela, mejemur,” tuturnya.

Adapun sterilisasi tidak hanya dilakukan di dalam Mapolda Jateng, titik keramaian lain juga terpantau turut distirilisasi seperti Kawasan Simpanglima Semarang, SMA Taruna Nusantara hingga Markas Yonif 400 BR.

“Koordinasi dengan gugus tugas provinsi tindakan kita adalah sosialisasi kemasyarakat dan pencegahan dengan penyemprotan diberbagai tempat keramian,” tegasnya.

Tidak kalah penting, guna mendukung Pemerintah, Polda Jateng juga berupaya mempersiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Bhayangkara Polri.

“Kami menyiapkan satu lantai  khusus, 36 kamar dipersiapkan untuk mendukung strategi jawa tengah mengisolasi jika ada yang kena positive covid-19,” ujarnya.