ruang-publik

PWI Jateng Minta Bupati dan Wali Kota Memfasilitasi APD untuk Wartawan

Oleh: Lucky Setiawan Editor: Lucky Setiawan 10 May 2020 - 11:27 semarang
KBRN, Semarang : Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud NS meminta para bupati dan wali kota di provinsi ini memfasilitasi bantuan alat perlindungan diri (APD) kepada wartawan-wartawan, terutama yang sehari-hari meliput pandemi virus corona.

"Kami mengetuk hati para kepala daerah, karena bagaimanapun wartawan menjadi bagian dari perjuangan dalam perang melawan Covid-19," tuturnya Senin (06/04/2020).

Mereka, menurut Amir, berada di garis depan dalam sosialisasi dan meneruskan informasi, bekerja sama dengan otoritas terkait untuk memberitakan setiap perkembangan dan mengedukasi masyarakat. 

"Wartawan juga menjalankan kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah.dan langkah-langkah penanganan melawan persebaran virus," tutur Amir dalam rilisnya, tadi malam.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebelumnya telah mengikuti seruan Dewan Pers, agar para kepala daerah memberi fasilitas APD serta bentuk-bentuk kepedulian lain. Dibagikan APD berupa masker dan hand sanitizer untuk para wartasan yang meliput keviatan-kegiatan di pemprov.

"Untuk itu, kami berharap Bapak Bupati dan Wali Kota terketuk untuk bekerja sama dengan PWI kabupaten dan kota masing-masing, merealisasi seruan Dewan Pers itu. Bagaimanapun, dengan peran dan tanggung jawabnya, wartawan termasuk rentan terpapar, sehingga selain mengikuti protokol peliputan juga melengkapi diri dengan alat-alat pelindung," tambahnya.

Ditekankan pula, dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lewat Permenkes, keharusan memakai masker setiap keluar rumah menjadi realitas penguat agar para kepala daerah ikut memikirkan fasilitasi untuk wartawan.