ruang-publik

Dukung Peran Bhabinkamtinas di Tengah Corona, Polda Jateng Bekali Ranmor

Oleh: Tika Vilystya Budiman Editor: Tika Vilystya Budiman 10 May 2020 - 11:27 semarang

KBRN, Semarang: Polda Jawa Tengah menyerahkan 160 Kendaraan Bermotor (ranmor) untuk Bhabinkamtibnas guna mendukung kinerjanya saat mobilisasi ke plosok desa, pada Selasa (7/4/2020) di Mapolda Jateng.

“Ada 3 jenis kendaraan yang kita beli, yang pertama sepeda motor biasa, yang kedua sepeda motor yang jenisnya lebih keras dan yang ketiga metic untuk bhabinkamtibnas yang untuk polwan,” kata Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Kapolda menyebut motor yang dibeli dengan anggaran Polri dan bantuan berbagai pihak ini sangat dibutuhkan oleh petugas polisi yang bertugas di tingkat desa tersebut karena mobilitasnya yang tinggi.

“Idealnya satu desa satu petugas bhabinkamtibnas. Namun demikian dari 8 ribu hampir 9 ribu desa yang ada di Jawa Tengah ini, baru 4.400 yang bisa ditugaskan, sehingga ada 1 petugas Bhabinkamtibnas yang bertugas di 2 hingga 3 desa,” jelas Kapolda.

Disebutkannya, hingga kini masih terdapat sebanyak 1400-an Bhabinkamtibnas yang belum memiliki motor sehingga masih mengunakan sepeda, atau kedaraan umum.

“Alhamdulillah hari ini dengan bantuan bapak ibu sekalian, 160 Bhabinkamtibnas dari 1400-an itu sudah memiliki motor jadi ada 1240 an yang belum memiliki motor,” tuturnya.

Peran Bhabinkamtibnas saat ini, ditambahkan Kapolda sangat besar. Mereka menjadi ujung tombak dalam mengingatkan masyarakat untuk tetap tinggal dirumah, jaga jarak, menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemi covid- 19.

“Diharapkan seluruh Bhabinkamtibnas ini seluruhnya dapat mendapatkan motor sehingga dapat lebih lincah , lebih cepet dan lebih bisa berkualitas untuk Bangsa,” imbuhnya.

Sebelumnya, tercatat sekitar 3 bulan lalu, Polda dan juga Pemprov Jateng juga telah memberikan ranmor kepada Bhabinkamtibnas untuk menunjang kinerja.

"Memberikan informasi kepada masyarakat, memberikan pencerahan, sosialisasi berbagai masalah aktual, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, dan mengajak masyarakat agar patuh hukum, Bhabinkamtibnas tugasnya juga untuk membangun persaudaraan, membangun kemanusiaan agar masyarakat satu dan yang lain saling tolong menolong, Bhabinkamtibnas juga ditugaskan untuk menyelsaikan maslaah masalah sosial, ia juga pertama kali ditugaskan ke TKP, dengan sekomplek tugas itu ia datang sendiri," ujarnya.