Daerah

P2NOT Madura : Narkoba Merupakan Kejahatan Luar Biasa

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 20:58 Sumenep

KBRN, Sumenep : Direktur Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-Obat Terlarang (P2NOT) Madura, Zamrud Khan mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak meremehkan bahaya narkoba.

Menurut Zamrud, penyalahgunaan narkoba bukan sekedar perilaku menyimpang biasa.

Penyalahgunaan narkoba bukan hanya berbicara tentang orang yang melanggar hukum.

Namun penyalahgunaan narkoba adalah kejahatan luar biasa yang berdampak pada keberlangsungan tatanan hidup masyarakat.

“Permasalahan narkoba disejajarkan dengan tindak pidana korupsi maupun pidana terorisme karena dampak yang ditimbulkan sistemik. Hal ini menunjukkan bahwa masalah penyalahgunaan narkoba adalah masalah serius. Sehingga kejahatan ini disejajarkan dengan masalah-masalah besar yang juga tidak kunjung enyah dari negeri ini,” ungkapnya, Rabu (28/9/2022).

Zamrud mengatakan, dampak penyalahgunaan narkoba dapat berakibat fatal bagi fisik dan mental manusia.

Zat narkotika yang dikonsumsi manusia secara berlebihan akan merusak susunan syaraf otak, mengganggu sinyal penghantar syaraf yang berdampak pada fungsi kognitif atau daya pikir dan memori, perasaa), psikomotorik sehingga membuat manusia tersebut menjadi sering kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, tidak bisa berpikir jernih dan gangguan kesehatan organ vital seperti, jantung, paru-paru, ginjal, pankreas hingga berakibat kematian.

“Secara mental, penyalahguna narkoba akan menjadi pemurung, pemarah, pencemas, depresi, paranoid, apartis, sulit berkonsentrasi, asusila serta mendorong melakukan tindak criminal. Bahkan sering mendapat dorongan bertindak kriminal apabila tidak memiliki uang untuk membeli barang haram tersebut,” imbunya.