Daerah

Lomba Gerak Jalan Indah Meriahkan Haroana Baubau

Oleh: Editor: 28 Sep 2022 - 23:20 Kendari

KBRN, Baubau : Peringatan Hari Jadi Kota Baubau ke-481 dan HUT ke-21 sebagai Daerah Otonom tahun 2022, akan diwarnai dengan berbagai lomba dan kegiatan meriah lainnya.

Berbagai lomba tersebut ada yang diselenggarakan langsung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adapula yang diselenggarakan oleh Komunitas.

Ketua Seksi Lomba yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, La Ode Aswad menyebutkan Peringatan HUT Kota Baubau yang dikemas dengan sebutan Haroana Baubau, akan dimeriahkan dengan lomba gerak jalan indah. Persertanya mulai dari pelajar tingkat TK/PAUD hingga masyarakat umum.

Berkaca dari pelaksanaan lomba gerak jalan indah di tiga tahun lalu, tahun ini akan ada sentuhan inovasi baik dari jalur yang akan di lalui, penilaian hingga ditambahnya kategori juara khususnya di satuan pendidikan.

“Sesuai arahan Bapak Wali Kota, titik start berada di Kotamara. Jalurnya, Kotamara, jembatan gantung, jalan Yos Sudarso, Pantai Kamali, letter Buton, belakang Rujab Wali Kota sekaligus panggung penghormatan, kemudian lanjut hingga titik bubar di lapangan lembah hijau, terangnya, Rabu (28/9/2022).

La Ode Aswad menyebutkan lomba gerak jalan akan berlangsung selama 3 hari. 3, 4, dan 6 Oktober 2022. Peserta gerak jalan yang membubarkan barisan sebelum sampai di lapangan lembah hijau akan di diskualifikasi oleh dewan juri sebab akan ada pos penilaian disekitar SMAN 1 Baubau.

“Dengan diperpanjangnya jalur lomba ini tentu akan memberikan ruang yang lebih panjang kepada masyarakat untuk menonton, juga memberi ruang kepada para pelaku UMKM dan PKL untuk menjajakan dagangannya,” terangnya.

Khusus kategori juara lanjut Aswad, tahun ini akan lebih diperlebar. Misalnya di jenjang SD akan ada 3 kategori lomba, yakni seragam Putih-Merah, seragam putih-merah fariasi dan full fariasi. Masing-masing lomba akan ada 21 juara, bukan hanya enam seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kenapa juaranya sebanyak 21 ? Karena tahun ini Kota Baubau memperingati HUT ke 21. Selain itu untuk memberi rasa adil kepada para peserta yang jumlahnya mencapai ratusan,” imbuhnya.

La Ode Aswad menerangkan setiap peserta umum yang berada di tingkat Kelurahan diharapkan memiliki rekomendasi dari Pemeritah Kelurahan setempat. Hal ini dimaksudkan agar lebih terstruktur dan diketahui oleh pemerintah setempat sekaligus meminimalisir hal-hal yang menciderai pelaksanaan lomba.

“Namanya juga gerak jalan indah, jadi harus menampilkan yang indah-indah. Kita menghargai inovasi, kreatifitas, tapi yang sewajarnya. Yel-yel peserta berkaitan dengan visi-misi Pemkot Baubau, tidak boleh bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, maupun yang berkaitan dengan SARA,” pungkasnya.

La Ode Aswad berharap seluruh elemen masyarakat dapat ikut memeriahkan seluruh rangkaian peringatan Haroaana Baubau yang akan berlangsung sejak awal hingga akhir Oktober 2022.