budaya-dan-wisata

Festival Seni Sawan Selamatkan Janger Menyali Dari Kepunahan

Oleh: Gede Maliasa Editor: Gede Maliasa 10 May 2020 - 11:42 singaraja

KBRN, Singaraja : Kesenian Janger Menyali mampu menyedot perhatian penonton saat pembukaan Festival Seni Sawan (Fessensaw) Tahun 2019 yang digelar di Pesisir Pantai Kerobokan Kecamatan Sawan, Rabu (16/10) malam.

Terlihat para penonton menyambut dengan tepuk tangan yang meriah saat tarian yang ditarikan oleh pelajar SMA dan SMP dari Kecamatan Sawan ini memasuki panggung. Kesenian Janger Menyali merupakan tarian unik dan diperkirakan hampir punah yang berasal dari desa Menyali Kecamatan Sawan, dikatakan unik karena Japik atau penari laki-laki memakai kostum seperti Bala tentara lengkap dengan baret serta kaca mata hitam.

Fesensaw dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Buleleng dengan pemukulan gong didampingi Camat Sawan, I Gusti Ngurah Suradnyana di Kawasan Pesisir pantai Kerobokan. Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG di sela sela pembukaan Fessensaw 2019 mengatakan, penampilan Janger Menyali pada pergelaran seni Fessensaw ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah melestarikan seni budaya agar tetap eksis di tempat lahirnya.

Wabup Sutjidra menyambut baik terselenggaranya Fessensaw serta mengajak seluruh jajaran Pemerintah di Kabupaten Buleleng untuk berupaya membangkitkan semangat masyarakat dalam upaya mempertahankan seni budaya di Bali Utara.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan budaya kita,” ucapnya.

Wabup Sutjidra juga menambahkan, pergelaran seni ini selain upaya pelestarian budaya juga memberikan hiburan kepada masyarakat serta pembangunan di Buleleng dapat terlaksana dengan baik. Fessensaw dilaksanakan agar dapat memberikan ruang kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk terlibat dalam pelestarian seni budaya dalam berkreatifitas.

“Khususnya generasi muda di Kecamatan Sawan, kita harus bangkitkan lagi semangat berkesenian,” imbuhnya.

Camat Sawan Drs. I Gusti Ngurah Suradnyana dalam laporannya mengatakan, Festival Seni Sawan tahun keempat ini akan berlangsung 5 hari yakni tanggal 16 sampai dengan tanggal 20 Oktober yang dilaksanakan di Kawasan Pesisir Pantai Kerobokan, Kecamatan Sawan. Ia juga mengatakan Fessensaw kali ini mengambil tema “Sawan Pramodita” yang artinya Sawan yang Gemilang.

Fessensaw merupakan pagelaran seni budaya di Kecamatan Sawan yang menampilkan kesenian khas di wilayah tersebut seperti Arja Muani, Janger Menyali, parade Gong Kebyar, lomba menjejaitan, serta band lokal dan artis Bali.

Pergelaran seni sawan ini, ungkap Ngurah Suradnyana, juga dilaksanakan sebagai upaya untuk mewujudkan pelestarian serta menggali potensi seni budaya yang ada di Kecamatan Sawan. Dalam hal ini lebih menonjolkan seni budaya yang hampir dilupakan seperti Tari Legong Pengeleb, Janger Menyali, serta Arja Muani.

“Kita berupaya merekonstruksi kegiatan kesenian yang hampir hilang dan kita rasa sudah berhasil dibangkitkan kembali melalui pagelaran Fessensaw kali ini,” pungkasnya.