Iptek

Era Society 5.0, Unla berupaya Cetak Alumni Profesional & Berkarakter

Oleh: Subina Fikry Editor: Nova Nugraha Putra 17 Jul 2023 - 15:21 Bandung

KBRN, Bandung: Sebagai hasil dari revolusi industri 4.0 sebelumnya, 2023 ini kegiatan industri di Indonesia mulai beralih ke bentuk digital dan memunculkan banyak lapangan pekerjaan jenis baru. Indonesia sebagai negara berkembang memiliki tantangan besar dalam mengadopsi society 5.0.

Mengacu terhadap data dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, setiap perusahaan memiliki tujuan yang ditentukan oleh tiga hal, meliputi apa yang dibutuhkan oleh dunia, keunikan perusahaan, dan bagaimana caranya perusahaan menghasilkan nilai ekonomis. Maka dari itu generasi milenials atau wisudawan angkatan 2023 ini sudah harus mampu mengikuti perkembangan zaman itu.

โ€œMaka dari itu, lulusan baru Universitas Langlangbuana,  harus profesional dan berkarakter, memiliki pemahaman pada kebutuhan industri. Misalnya, pada industri 4.0, anda tidak boleh hanya memiliki pengetahuan terkait jenis pekerjaan yang diinginkan. Tapi juga harus memiliki kemampuan digital, karena itu yang dibutuhkan. Selain itu juga saat ini di era Society 5.0, peningkatan kompetensi diri sudah menjadi harga mati agar mampu bersaing dengan yang lainโ€ ungkap Rektor Langlangbuana, Dr. HR. AR. Hari Anwar, Drs. SH. MH melalui pesan elektorniknya kepada RRI, Senin (17/7/2023).

Doktor Hari menambahkan, Unla senantiasa menerapkan tiga kompetensi penting, kemampuan memecahkan masalah kompleks, berfikir kritis dan menghasilkan kreatifitas di tengah persaingan global dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran guna mewujudkan sarjana dan pascasarjana profesional, innofative dan berkarakter.
"Semoga alumni dapat bersinergi bersama di kalangan masyarakat dan menjaga nama baik Unla bersama membangun jaringan alumni yang kuat", harap Rektor Langlangbuana, Dr. HR. AR. Hari Anwar, Drs. SH. MH.