Daerah

Memeluk Laut lewat Lovina Festival 2023

Oleh: Bayu Wira Handyan Editor: Santi Mulyawati 17 Jul 2023 - 14:54 Singaraja

Membawa semangat penuh harapan untuk mengembangkan potensi bahari di Bali Utara, Buleleng berupaya memeluk laut lewat Lovina Festival 2023. Usaha tersebut akan dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai 21-23 Juli 2023.

KBRN, Singaraja: Sempat vakum karena pandemi Covid-19, Lovina Festival kembali digelar tahun ini. Dipusatkan di tepi pantai sekitar Kalibukbuk dan Kaliasem, festival ini akan memadukan kegiatan atraktif dengan eksotisme pantai berpasir hitam yang memiliki panorama sunset khas Lovina.

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, menginginkan pelaksanaan Lovina Festival 2023 bisa mendatangkan banyak wisatawan ke Buleleng. โ€œBukan semata-mata secara normatif untuk melaksanakan hiburan,โ€ tegasnya pada RRI Singaraja, Senin (17/7/2023).

Lihadnyana berharap pelaksanaan Lovina Festival ke depannya tak lagi dipegang secara penuh oleh pemerintah kabupaten. Pihak ketiga terutama dari komunitas diharapkan dapat menjadi nahkoda dalam penyelenggaraan salah satu festival penting di Buleleng ini.

Wakil Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Buleleng, Gede Sukayasa, menyampaikan momentum high season yang saat ini sedang berlangsung akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengajak wisatawan mengenal Lovina lebih dekat. โ€œAjang untuk mereka (bisa) mengenal lebih dekat Lovina dari segi budaya dan aktivitasnya,โ€ jelasnya.

Digelar selama tiga hari mulai dari 21-23 Juli, Lovina Festival 2023 akan melaksanakan kegiatan-kegiatan bertemakan parade budaya, pergelaran seni dan musik, lomba-lomba, pameran ekonomi kreatif, serta seminar atau lokakarya.

Memiliki tujuan memperkuat eco tourism dan sustainable tourism di Bali Utara, Lovina Festival 2023 juga memiliki cita-cita besar untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Buleleng, khususnya di sekitar tempat festival tersebut diselenggarakan, dengan menyelaraskan strategi direct selling sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemeparekraf) RI.

Festival yang menargetkan 2000 pengunjung per hari ini rencananya akan resmi dibuka pada Jumat (21/7/2023) sore di area patung dolphin Lovina.