Daerah

Fraksi PKB DPRD Sambas Sampaikan Saran Atas RAPBD 2024

Oleh: Mochammad Bayu Editor: Boyke Sinurat 19 Oct 2023 - 17:38 Pontianak

KBRN, Sambas: Fraksi PKB DPRD Kab Sambas menyampaikan Pemandangan Umumnya atas pembahasan Rancangan APBD tahun anggaran 2024. Dikemukakan Budiono, juru bicara Fraksi PKB DPRD Kab Sambas, beberapa saran Fraksinya untuk pembahasan anggaran tahun 2024.

“Pertama, penguatan SDM unggul yang meliputi berbagai sisi, baik kualitas kesehatan dan Pendidikan termasuk pemulihan sosial ekonomi masyarakat,” tutur Budiono.

Pemulihan dimaksud lanjut dia dapat dengan fokus pada sektor pengungkit pertumbuhan ekonomi seperti jasa, pertanian, pariwisata dan industri kreatif serta terus menjaga kohesi sosial yang sudah terbangun.

“Kedua mengevaluasi pada pelaksanaan APBD tahun 2023, kami memandang perlu untuk mengingatkan kepada eksekutif guna berpikir antisipatif terhadap kemungkinan-kemungkinan penyesuaian dan pengurangan dana transfer dari pemerintah pusat,” ungkap dia.

Legislator dari Partai Perindo ini menambahkan terhadap program-program pembangunan yang penting dan mendasar, perlu skema pendanaan yang tidak menggantungkan sepenuhnya pada dana transfer tersebut. Hal itu lanjut Budiono, guna menjamin keberlanjutan progam jika dana transfer mengalami penyesuaian atau pengurangan.

“Demikian pula dengan pelaksanaan dana transfer khusus DAK Fisik dan dana transfer khusus DAK Non fisik, Pemerintah Daerah harus fokus pada program-program yang menjadi tanggung jawab Pemda secara langsung,” tegas Budiono.

Saran ketiga dari Fraksi PKB, dalam penyusunan Raperda APBD 2024, nantinya dapat memprioritaskan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan serta pertumbuhan ekonomi masyarakat Kab Sambas.