Olimpik

Jonatan Christie Raih Gelar Juara French Open 2023

Oleh: Charlie Editor: Heri Firmansyah 30 Oct 2023 - 05:20 Pusat Pemberitaan

KBRN, jakarta: Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menepati janjinya membawa pulang gelar juara turnamen bulu tangkis French Open 2023. Jonatan yang  biasa disapa Jojo itu mengalahkan unggulan Tiongkok, Li Shi Feng, di partai final.

Dalam laga yang berlangsung di Glaz Arena, Prancis, Minggu (29/10/2023) tersebut, Jojo menang setelah bermain tiga gim dengan skor 16-21, 21-15, 21-14. Jojo menyelamatkan muka Indonesia dari kegagalan dengan berhasil mendapatkan satu-satunya gelar juara setelah wakil lainnya gagal.

"Pertama puji Syukur, puji Tuhan, karena ini adalah titel pertama saya di level Super 750 yang sudah lama saya nanti-nantikan. Sudah beberapa kali saya masuk final tapi belum mampu juara," kata Jojo seusai laga.

Pebulu tangkis kelahiran 15 September 1997 itu mengaku tidak mudah meraih kemenangan di final. Terbukti, dirinya sempat kalah di gim pertama lantaran tampil sedikit tegang.

"Tidak mudah, saya ada sedikit tegang di awal-awal laga da banyak melakukan kesalahan sendiri. Di gim kedua saya melakukan perbaikan dengan bermain lebih rapi dan mencoba untuk membuat lawan banyak berlari," ujarnya.

Keberhasilan ini, menurut Jojo, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata setelah dua hingga tiga turnamen sebelumnya dirinya tampil buruk, Banyak orang yang menggap dirinya sulit bangkit dari keterpurukkan, namun dia percaya masih ada jalan dengan rasa optimis tinggi.

"Tadi setelah pertandingan selesai, saya merasa speechless. Di dua hingga tiga turnamen terakhir, saya tidak bermain optimal. Lalu banyak orang meragukan, tapi balik lagi rencana Tuhan kita tidak pernah tahu," ucapnya.

Gelar juara ini akan menambah motivasi dirinya saat ini. Dalam dua turnamen ke depan yakni Japan Masters dan China Masters 2023, dia bertekad kembali tampil maksimal dan meraih juara.

"Gelar ini pastinya menambah semangat dan motivasi saya. Berikutnya ada Japan Masters dan China Masters, saya mau fokus ke sana. Dan semoga bisa melangkah ke BWF World Tour Finals," ujarnya.