Nasional

BPS Catat Bawa Putih Kembali Naik Harga

Oleh: Alfreds Tuter Editor: Tegar 29 Jan 2024 - 13:10 Pusat Pemberitaan

KBRN, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, harga bawang putih kembali mengalami kenaikan pada pekan keempat Januari 2024. Tercatat harga rata-rata bawang putih kini mencapai Rp39.725 per kilogram dari sebelumnya Rp39.388.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini "Sampai dengan Minggu keempat Januari 2024 terjadi kenaikan harga 5,85 persen bila dibandingkan dengan harga di bulan Desember," katanya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (29/1/2024).

Pudji merinci, meski harga terpantau naik namun jumlah daerah yang mengalami kenaikan harga berkurang. Sebelumnya di pekan ketiga ada sebanyak 366 daerah yang mengalami kenaikan harga bawang putih.

Sementara hingga pekan keempat Januari menjadi tersisa 337 daerah. Adapun secara umum daerah yang mengalami kenaikan harga bawang putih hampir merata tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Ia pun menyebutkan data ini bisa menjadi acuan bagi daerah-daerah untuk segera melakukan intervensi. Sehingga intervensi yang dilakukan nanti bisa tepat sasaran.