Lain Lain

KKB Lakukan Penembakan, Penumpang Pesawat Cessna Dipastikan Selamat

Oleh: Mandra Editor: Rini Hairani 16 Feb 2024 - 21:25 Pusat Pemberitaan

KBRN, Timika: Pilot dan seluruh penumpang pesawat Cessna Grand Caravan registrasi PK-LTF penerbangan rute Timika-Beoga dalam keadaan selamat setelah insiden penembakan. Hal itu disampaikan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kami pastikan semua penumpang dan pilot dalam keadaan selamat. Namun, pada area kargo pod section D sebelah kanan terdapat lubang bekas tembakan yang menembus ke floor pesawat," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni, Jumat (16/2/2024). 

Kristi menjelaskan pesawat PK-LTF tersebut melakukan penerbangan kedua dari Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Menuju Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada pukul 23.59 UTC/08.59 WIT.

"Pada saat pesawat berada di posisi final sebelum mendarat atau tepatnya pada ketinggian kurang lebih 300 kaki menuju runway. Terdengar suara letusan tembakan dari arah belakang pesawat," ujarnya. 

Namun, kata dia, pesawat berhasil mendarat dengan normal di Distrik Beoga pada pukul 00.53 UTC/09.53 WIT. Setelah pesawat dalam posisi engine shutdown, pilot in command (PIC) mengecek kondisi penumpang dan pesawat.

"Selanjutnya pihak keamanan gabungan dari TNI/Polri sudah menyisir dan setelah berkoordinasi secara internal mengenai kondisi airworthy pesawat serta dengan alasan keamanan. PIC memutuskan untuk menerbangkan pesawat kembali ke Timika. Pesawat pun mendarat di Timika pada pukul 02.22 UTC/11.22 WIT," ucapnya. 

Berdasarkan pengecekan terjadi kerusakan minor pada pesawat dan sedang dalam evaluasi untuk perbaikan. Saat ini Kepala OBU Wilayah X Merauke beserta jajaran untuk menginvestigasi insiden tersebut dan terus berkoordinasi dengan pihak keamanan gabungan TNI/Polri serta pemerintah daerah.

"Ini untuk pemantauan lebih lanjut serta mengidentifikasi potensi ancaman terhadap penerbangan. Kami harus mendapat kepastian keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan pada rute-rute yang dilalui pesawat dapat terjamin," katanya. 

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyebut kelompok kriminal bersenjata (KKB) telah menembak pesawat saat hendak mendarat di Lapangan Terbang Beoga. "Penembakan yang dilakukan KKB itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata dia di Jayapura.