Nasional

Jenazah Tiga ABK WNI Kapal Penangkap Ikan Korsel Tiba di Indonesia

Oleh: Hayatun Sofian Editor: Nasrudin 16 Mar 2024 - 22:15 Mataram

KBRN, Mataram: Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia telah memfasilitasi ketibaan 3 jenazah ABK WNI a.n. Safrudin, R Arie Permana, dan Maulana Mansyur tersebut di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada pukul 15.55 WIB, Sabtu (16/3/2024).

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha menyebutkan, ketiga jenazah kemudian diserahkan kepada keluarganya

"Jenazah ketiga WNI selanjutnya diserahterimakan kepada pihak keluarga yang juga dihadiri oleh perwakilan agen perusahaan pengirim para ABK tersebut," kata Judha dalam keterangan tertulisnya.

Ia menyebutkan, guna memastikan pemenuhan seluruh hak-hak ketujuh korban ABK WNI tersebut, koordinasi terus dilakukan Kemlu dan KBRI dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Ketenagakerjaan, BP2MI dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu, proses pencarian untuk 5 ABK lainnya, terdiri dari 4 ABK WNI dan 1 ABK Korsel masih terus dilakukan Korean Coast Guard (KCG). Kemlu dan KBRI Seoul terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Korea Selatan dan di tanah air guna memberikan dukungan yang dibutuhkan selama proses pencarian.

"Informasi perkembangan pencarian terus disampaikan Kemlu kepada 7 keluarga ABK WNI di Indonesia," ujarnya.