Pemilu

PAN Maluku Batal Mengistimewakan Murad Ismail

Oleh: Rafsanjani Ely Editor: Philip Sekewael 20 Apr 2024 - 16:28 Ambon

KBRN, Ambon: Gubernur Provinsi Maluku, Murad Ismail (MI) akan kembali bertarung pada kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku November 2024 mendatang. 

Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai politik pertama di Maluku yang memberikan sinyal kuat siap mendukung Mantan Dankor Brimob itu untuk dua periode. 

Bahkan, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Maluku, Wahid Laitupa secara gamblang pernah menyampaikan bahwa pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di PAN akan dilakukan secara tertutup. 

Itu karena DPW dan seluruh DPD PAN di kabupaten/kota di Maluku telah bersepakat mengunci slot rekomendasi PAN hanya kepada Murad Ismail.  

Kesepakatan itu dibuat dalam rapat koordinasi DPW dan DPD PAN se-Maluku yang digelar beberapa waktu lalu.  

Ternyata, pilihan PAN Maluku ke Murad Ismail belum final. Sebab, DPP PAN menginstruksikan agar penjaringan Bacalkada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota harus dilaksanakan secara terbuka untuk umum. 

"Kita sudah terima instruksi dari DPP PAN untuk pembukaan penjaringan Bacalkada dilakukan secara terbuka. Jadi saya rasa kesepakatan awal harus diubah," kata Juru Bicara Tim Penjaringan DPW PAN Maluku, Husein Lessy kepada wartawan di Ambon, Jumat (19/4/2024) malam. 

Menurutnya, tim penjaringan sangat menghargai apa yang disampaikan Ketua Wahid Laitupa soal mendukung MI dan penjaringan akan dilakukan secara tertutup. 

Tapi, lanjutnya, ini kembali lagi kepada pimpinan partai di pusat. Jika DPP mengamanatkan untuk proses penjaringan dilakukan terbuka untuk umum, maka daerah wajib menindaklanjuti. 

"Jadi kita sudah buka proses penjaringan Bacalkda, dimulai dari tanggal 19 April hingga 2 Mei 2024 serta terbuka untuk umum," sebutnya 

Dia mengaku, tim penjaringan Bacalkda di PAN diketuai Muhammad Taufik Saimima, dan Sekretaris Jefri Hitijaubessy. 

Sebelumnya diberitakan, Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku siap dihelat 27 November 2024 mendatang.  

Kendati masih tersisa kurang lebih delapan bulan lagi, namun Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Maluku ternyata sudah memiliki "jagoan" untuk siap diusung di pesta demokrasi dimaksud. 

Dialah Murad Ismail, yang juga Gubernur Maluku saat ini. Mantan Dankor Brimob itu mendapat restu bukan saja dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Maluku, namun juga seluruh DPD PAN di 11 kabupaten/kota di Maluku.  

"Kami sudah gelar rapat koordinasi dengan semua DPD PAN se-Provinsi Maluku. Dan untuk penjaringan cagub tingkat wilayah, semua setuju merekomendasikan Murad Ismail ," kata Ketua DPW PAN Maluku, Wahid Laitupa di Golden Palace Hotel, Ambon, Jumat (5/4/2024) malam.