Nasional

BNPB Kerahkan Helikopter Bantu Penanganan Erupsi Gunung Ruang

Oleh: Aditya Prabowo Editor: Beri 21 Apr 2024 - 21:25 Pusat Pemberitaan

KBRN, Jakarta: Helikopter akan disiagakan untuk membantu upaya penanganan darurat bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari. 

"Ada satu unit helikopter yang disiagakan di Lapangan Bola Stadion Klabat, Kota Manado. Helikopter ini siap mendukung segala keperluan kedaruratan baik untuk mengangkut bantuan logistik maupun evakuasi warga di Kepulauan Sitaro,” kata Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Minggu (21/4/2024). 

Oleh karena itu, Abdul berharap upaya penanganan darurat evakuasi dan penyaluran bantuan bisa berjalan maksimal. Pasalnya, sebelumnya hanya mengandalkan transportasi kapal laut dari Basarnas dan TNI AL untuk menyalurkan bantuan. 

"Keselamatan warga menjadi hal yang diprioritaskan. Ada 11.624 warga di Kepulauan Sitato yang terdampak dari erupsi Gunung Ruang yang terjadi pada Kamis, 18 April 2024,” ujar Abdul. 

Abdul memastikan sebagian besar warga yang terdampak sudah mengungsi di sejumlah tempat pengusian yang telah disiapkan. Mulai dari Posko Darurat, rumah ibadah hingga rumah kerabat masing-masing.