Daerah

Pemkab Aceh Singkil Ajak Perusahaan Pemilik HGU Manfaatkan Dermaga CPO

Oleh: Aryani Editor: Teuku Haris Fadhillah 24 Apr 2024 - 20:23 Aceh Singkil

KBRN, SINGKIL :  Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Drs. Azmi, M.AP menggelar rapat koordinasi dengan mengundang seluruh perusahaan Kelapa sawit pemilik HGU untuk kembali memanfaatkan dermaga Pulo Sarok untuk pengkapalan minyak sawit (CPO) Rabu, (24/4/2024). Kegiatan rapat koordinasi digelar di ruang Operation Room Setdakab, yang dibuka langsung oleh PJ Bupati Drs.Azmi,M.AP, turut hadri Forkopimda, instansi terkait serta beberapa perusahaan sawit yaitu PT Nafasinfo, PT Delima Makmur, PT RPP dan perusahaan lainya.

“Hari ini kita melaksanakan Rapat Kordinasi antara Pemerintah Daerah, Forkopimda dan para Perusahaan HGU. Pokok bahasan Rencana Pemanfaatan Dermaga Pulo sarok untuk pengapalan Minyak Sawit atau CPO ke luar daerah dan keluar negeri,” kata Pj Bupati. Disamping pelabuhan Pulo Sarok, Pj Bupati juga menyampaikan untuk perusahaan seperti PT PLB dan PT Delima Makmur dipersilahkan memanfaatkan pantai Singkil Utara dijadikan sebagai lokasi dermaga, dengan catatan memenuhi persyaratan baik teknis maupun administrasi dijadikan sebagai dermaga pengapalan CPO.

Pj Bupati mengatakan Pemkab Aceh Singkil berharap dukungan dari seluruh pihak baik Pemerintah Pusat, Provinsi dan masyarakat Aceh pada umumnya dan Aceh Singkil khususnya. Lebih lanjut  Pj Bupatimengatakan  rapat lanjutan direncanakan pada minggu pertama bulan Mei 2024 mendatang.

“Alhamdulilah, para pihak bersepakat dan setuju untuk memanfaatkan pelabuhan Singkil dan Singkil Utara kedepan sebagai pelabuhan pengangkutan CPO,” ujar Pj Bupati. Diketahui, Dermaga Pulo Sarok sebelum bencana Tsunami tahun 2005 melanda masih berfungsi dengan baik sebagai sentral pengangkutan minyak CPO, setelah 19 Tahun mati suri dan terbengkalai.