budaya

Bangka Culture Wave 2019, Diharapkan Pacu Pertumbuhan Wisata Provinsi Babel

Oleh: Abdurahman Harris Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:56 sungailiat
KBRN, Sungailiat : Bangka Culture Wave (BCW) 2019 yang mengusung tema "Home Coming" diharapkan dapat menjadi pemacu pertumbuhan pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka.

Hal itu dikatakan Ray Tanjung, Selaku Show Director Pelaksanaan Acara Tersebut, ketika ditemui RRI, di De' Locomotief, Pantai Tongaci, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

"Ini merupakan agenda kegiatan Nasional yang digagas oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, oleh karena itu sangat beruntung De'Locomotief, Tongaci ini dapat terpilih untuk menyelenggarakan kegiatan ini," Ucap Ray Tanjung, Senin (1/4/2019).

Dikatakan, acara ini akan dilaksanakan dari 2 - 7 April 2019, yang akan diisi oleh berbagai macam kegiatan menarik, seperti Collosal Theatrical, Kemudian World Art Music and Dance Collaboration dari beberapa negara seperti Hungaria, Slovakia, Meksiko dan Spanyol, juga masih banyak kegiatan menarik lainnya.

"Kita mengemas kegiatan ini dengan semenarik mungkin, nantinya pelaku seni dari beberapa negara itu, akan berkolaborasi dengan seniman lokal, kemudian juga ada Bazaart, terus wisata kuliner, pokoknya bakal seru lah, nah kalo mau tau gimana serunya, jangan lupa datang besok di acara ini," jelasnya.

Sementara dirinya juga berharap kepada Pemerintah Daerah setempat, agar dapat lebih mensuport event berskala Nasional ini, sehingga bisa lebih memberikan dampak yang positif untuk kemajuan Pariwisata di daerah ini.

"Sinergitas antara pelaku wisata dan Pemerintah Daerah sangat penting dilakukan, karena untuk memajukan pariwisata di suatu daerah, pelaku wisata tidak mungkin bisa untuk melakukannya sendirian, pasti membutuhkan dukungan dari Pemda setempat agar cita-cita untuk memajukan pariwisata di daerah ini berjalan maksimal," terangnya

Diharapkan, Event Bangka Culture Wave 2019 ini, dapat memberikan dampak yang besar terhadap kemajuan Pariwisata di Provinsi Babel, karena pariwisata mempunyai efek yang luas bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Menurut saya Provinsi Babel memiliki potensi yang luar biasa untuk pengembangan pariwisatanya, apalagi Babel memiliki pemandangan pantai-pantai yang indah, masyarakatnya ramah, budaya dan keseniannya juga banyak, kalau hal ini benar-benar dikelola secara maksimal, saya yakin ekonomi Provinsi Babel bisa maju melalui pariwisata," pungkasnya.