serba-serbi-ramadhan

'Prasasti' Ramadhan, Mahasiswa Stisipol Bangka Berbagi Kasih Kepada Kalangan Du'afa

Oleh: Lalang Gumilang Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:53 sungailiat
KBRN, Sungailiat; Sedikit tanda kasih, banyak tanda berlebih. Ungkapan berbagi penuh simpatik dan niat tulus ikhlas itu menjadi fenomena sosial dalam aksi peduli sesama sejak awal Ramadhan 1440 Hijriah.

Aktualisasinya bagi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Sungailiat Kabupaten Bangka menyisir kepada kalangan du'afa dengan memberikan bantuan-bantuan sosial yang dipandang bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat kurang mampu, termasuk kepedulian pada anak-anak Yatim Piatu.

Melalui Pekan Ramadhan Stisipol Pahlawan 12 Asik dan Terkini atau 'Prasasti', Ormawa yang nota bene adalah para mahasiswa itu, mengaktualisasikan 'Prasasti' sejak 15 Mei 2019 itu dengan  memberikan pakaian-pakaian layak pakai kepada penghuni Pondok Pesantren Nurul Ihsan Batu Rusa dan Pondok Tahfiz Al-Quran Da'ar Mutaqein Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat. Kegiatan yang berlangsung Sabtu (18/5/2019) itu sekaligus rangkaian kegiatan di penghujung  Pekan Ramadhan Stisipol Pahlawan 12 Asik dan Terkini (Prasasti)

“Baju layak pakai ini kita dapatkan dari mahasiswa dan masyarakat, yang peduli kepada anak yatim piatu, sehingga baju tersebut diserahkan melaui panitia 'Prasasti'. Selain itu ada beberapa lembar mukena dan jilbab yang didistribusikan kepada Pondok pensantren yang ada di daerah Batu Rusa dan Jelitik," ungkap Andi Rika Pardaliana selaku Ketua Pelaksana 'Prasasti', Sabtu (18/5/2019)    

Dikatakan, rangkaian kegiatan Prasasti juga diisi kajian keagamaan, bahkan sosial dan politik seperti Ngaji Politik bersama dr. Zarril, Ceramah agama oleh Ustadz Edi Jaelani dilanjutkan dengan Buka Bersama (Bukber) Civitas Akademika Stisipol Pahlawan 12, Pembagian Tak’jil dan penggalangan dana sejumlah Rp 2.650.000 untuk pengobatan warga kurang mampu yakni kepada Santika, seorang anak belia penderita kebocoran ginjal, serta  di akhiri kegiatan satunan anak yatim piatu.

Kegiatan Prasasti itu melibatkan Senat Mahasiswa (SEMA), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (HIMARA), dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka.