info-haji

JCH Pangkalpinang dan Bangka Barat Diberangkatkan

Oleh: Lalang Gumilang Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:49 sungailiat
KBRN, Pangkalpinang; Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang tergabung kloter 9, Minggu (14/7/2019) bertolak ke embarkasi Palembang dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Mereka berjumlah 360 JCH masing-masing didampingi satu orang TPHD; Penerbangan I sejumlah 179 orang diberangkatkan pukul 08.20 WIB membawa JCH Pangkalpinang dan Penerbangan II, pukul 11.10 WIB sejumlah 181 orang, membawa asal JCH Pangkalpinang dan Bangka Barat. Mereka yang tergabung kloter 9, untuk selanjutnya diberangkatkan Senin (15/7/2019) dari Palembang ke tanah suci.

Ketika melepas JCH, Minggu (14/7/2019) Ketua Masjid At Taqwa Kelurahan Semabung Baru Pangkalpinang, Syaiful Akbari kepada jemaahnya itu mengatakan ibadah haji merupakan ibadah fisik karenanya setiap JCH diharapkan bisa menjaga kesehatan agar bisa lancar menjalankan seluruh rangkaian rukun haji dan wajib haji.

"Tips saya, gunakanlah selalu masker kecuali kalau di masjid. Itu pengalaman saya supaya terhindar dari batuk atau flu, karena cuaca disana sangat berbeda dengan disini. Insya Allah ibadah kita lancar," pesan Syaiful Akbari seraya mengisahkan pengalamannya saat menunaikan ibadah haji.

Syaiful Akbari juga mengingatkan seluruh JCH agar mematuhi seluruh aturan yang sudah ditentukan, baik dalam perjalanan maupun saat kepulangan haji dan saat melaksanakan rukun haji. Dia pun mengingatkan bila jarak Mahtab dan Masjid Haram terlalu jauh, JCH agar jangan terlalu memaksakan diri. Tips ini penting untuk menjaga stamina, karena ada Tawaf, Sa'i dan Wukuf yang menjadi rukun haji dan itu sangat penting.

"Cukup dua atau tiga waktu kalau mau Shalat di Masjid Harom. Jangan memaksakan karena kesehatan perlu dijaga," saran Syaiful.

Sementara itu, pada musim haji 1440 Hijriah ini, JCH asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung seluruhnya berjumlah 1.249 orang, masing-masing tergabung pada kloter 7, 8 dan 9. Mereka di kloter 7 diberangkatkan Jum'at (12/7/2019) sebanyak 443 JCH asal Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah. Sedangkan JCH asal Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Bangka Barat diberangkatkan Sabtu (13/7/2019) berjumlah 446 orang tergabung kloter 8.

Saat pelepasan pada masing-masing kloter, Jabat tangan, pelukan seiring do'a keselamatan terujar dari seluruh keluarga JCH menghantarkan kepergian mereka seraya berharap Ridho Illahi menyertai ibadah haji yang dilaksanakan dan bisa berjalan dengan lancar serta kembali ke tanah air.