sorotan-kampus

Desiminasi TTG, Polman Babel Berikan Bantuan Mesin Ke UMKM Kurau Barat

Oleh: Abdurahman Harris Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:41 sungailiat
KBRN, Koba : Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polmanbabel) memiliki komitmen yang kuat  dalam membantu meningkatkan daya saing UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Salah satu bentuk kegiatan yang telah dilakukan yaitu Diseminasi Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk UMKM yang bergerak di bidang olahan makanan hasil laut di Desa Kurau Barat Kabupaten Bangka Tengah.

Tim kegiatan Diseminasi TTG Polmanbabel ini dilakukan oleh Idiar,M.T, Husman,M.T dan Sugiyarto,M.T dengan memberikan mesin kepada UMKM Gurih DD dan UMKM Mekar berupa mesin pengaduk adonan, mesin pencetak, mesin pengoreng dan mesin peniris.
Kegiatan serah terima mesin dihadiri langsung oleh Wakil Direktur III Polmanbabel bidang Kemahasiswaan, perwakilan Pemerintah Desa Kurau Barat, perwakilan dari Disperindagkop Bangka Tengah dan pihak UMKM mitra di Desa Kurau Barat Kabupaten Bangka Tengah Jumat kemarin.

Husman,M.T selaku Wakil Direktur III Polmanbabel menjelaskan salah satu tujuan dari kegiatan diseminasi teknologi adalah meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi UMKM pada mitra kegiatan. Dalam pelaksanaannya di lapangan, tim dosen desiminasi teknologi Polmanbabel juga melakukan pendampingan untuk mengetahui kendala-kendala produksi sehingga tingkat keberhasilan penerapan mesin dapat diketahui secara maksimal.

“Selama ini UMKM olahan makanan hasil laut di Desa Kurau Barat masih memproduksi produk olahan hasil laut nya dengan peralatan sederhana sehingga kapasitas dan kualitas produk yang dihasilkan terbatas jelas Husman," selasa (29/10/2019).

Dengan adanya desiminasi teknologi di UMKM Gurih DD dan Mekar ini diharapkan dapat menginspirasi UMKM sejenis yang ada di Desa Kurau Barat khususnya atau wilayah Bateng umumnya untuk menggunakan teknologi yang ada dalam memproduksi produk olahannya sehingga bisnis mereka memiliki daya saing.

Sementara Heri dari Disperindagkop Bangka Tengah juga menjelaskan harapannya, kedepan dapat meningkatkan kerjasama dan sinergisitas dalam kegiatan pembinaan UMKM Bangka Tengah sehingga UMKM semakin berkembang, unggul dan berdaya saing diantara para kompetitornya.

"Kami dari Pemkab Bangka Tengah mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Polmanbabel atas sumbangsih pikiran dan tenaga pada kegiatan rekayasa dan rancang bangun teknologi tepat guna bagi UMKM yang ada di Bangka Tengah ini," ucap Heri.

Kegiatan Desiminasi Teknologi Tepat Guna ini di danai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat  Kemristekdikti tahun 2019 yang merupakan salah satu wujud Tridarma Perguruan Tinggi.