berita-olahraga

Komunitas Sepeda KMBC Bangka, Jajal Trek Lokasi Wisata Sungai Upang

Oleh: Lalang Gumilang Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:40 sungailiat
KBRN, Sungailiat; Guna memasyarakatkan olah raga bersepeda, Komunitas sepeda Bangka, Karya Makmur Bike Community (KMBC) menjajal trek lokasi wisata Sungai Upang Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka.

Menurut ketua KMBC H. Bani, kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin bagi KMBC untuk lebih memasyarakatkan olahraga bersepeda dalam beberapa tahun terakhir ini.

H. Bani mengatakan, selain berolahraga, KMBC juga sangat peduli dan konsen terhadap lingkungan dan pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diakuinya banyak tempat menarik dan indah di Kabupaten Bangka ini yang belum begitu banyak diketahui dan masih alami.

"Semenjak KMBC terbentuk beberapa waktu yang lalu, komunitas sepeda ini telah menjajal beberapa trek mulai dari dalam kota Sungailiat dan sekitarnya, Air Terjun Desa Dalil, Kolong Biru Bangka Tengah, Kota Palembang, Pulau Belitung dan trek lainnya yang sangat menantang dan layak untuk dijelajahi," ungkap H. Bani ketika dikonfirmasi, Senin (11/11/2019) di Sungailiat.

Lebih jauh H. Bani mengungkapkan untuk trek bersepeda menuju lokasi wisata Sungai Upang Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar dari start awal di depan Masjid Bahrul Ulum Simpang BTN Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali diikuti sekitar 20 orang dengan jarak tempuh 50 kilometer. Kegiatan yang berlangsung Minggu (10/11/2019) sekaligus memperingati Hari Pahlawan ke-74/2019.

“Alhamdullilah semua menikmati dan senang walaupun terasa capek dan lelah. Walaupun ada anggota yang telah berusia lanjut seperti H. Nursalim dan Pak De Nono serta Rici, namun mereka tetap semangat dan menerima tantangan bersepeda pulang pergi,” jelas H. Bani.

Menurut H. Bani, kegiatan yang dilaksanakan komunitas sepeda KMBC ibarat peribahasa sambil menyelam minum air. Menurutnya selain berolahraga, KMBC juga sangat peduli dan konsen terhadap lingkungan dan pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diakuinya banyak tempat menarik dan indah di Kabupaten Bangka ini yang belum begitu banyak diketahui orang dan masih alami.

“Kita berupaya untuk membantu dengan mempromosikan tempat-tempat baru dan unik untuk dijadikan destinasi wisata baru di Bangka, seperti wisata Sungai Upang ini dan tempat lainnya yang layak untuk dijual dan menjadi daerah wisata serta akhirnya bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar tempat wisata,” harap H. Bani.

Kedepan H. Bani berharap, masyarakat baik yang umum maupun yang tergabung dalam sebuah komunitas seperti KMBC yang dipimpinnya ini, bisa lebih peduli dan berorientasi memajukan dan membangun Kabupaten Bangka dengan mencintai lingkungan dan peduli sesama.

“Sungai Upang Tanah Bawah ini, sangat potensial sekali untuk digali potensinya dan bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi masyarakat untuk berkunjung ke Sungai Upang desa Tanah Bawah ini,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu anggota KMBC, Irwan mengatakan dirinya sangat antusias sekali menjajal trek sepeda dari Simpang Empat BTN Desa Karya Makmur menuju lokasi wisata Sungai Upang Tanah Bawah.

“Jarak tempuh 50 kilometer, lumayan, namun sesampai di Sungai Upang, terbayarkan dengan melihat keindahan pemandangan dan indahnya Sungai Upang, semoga tetap terus ditingatkan kualitasnya, dan dijaga lingkungannya<” ungkap Irwan yang diaminin teman-teman KMBC lainnya.

Irwan berharap, dengan bergabung bersama KMBC, dirinya lebih mengerti akan kebersamaan dan petingnya berbagi serta membangun Kabupaten Bangka ini melalui bersepeda.

“Semangat Hari Pahlawan ini membangkitkan semangat kami untuk berbuat dan meneruskan perjuangan para pahlawan. Dengan terus berkarya dalam bidang apapun, kita terus berinovasi untuk menjadi pahlawan masa kini,” tutupnya. (Lutfi/LG)