sorotan-kampus

Polman Babel Akan Selenggarakan Kontes Robot antar Pelajar Se- Provinsi Babel

Oleh: Abdurahman Harris Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:39 sungailiat
KBRN, Sungailiat : Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) akan menggelar kontes robot tingkat SD, SMP, SMA/SMK se-Babel. Langkah persiapan yang dilakukan oleh tim robot Polman Babel yaitu mengadakan sosialisasi Polman Robot Contest 2019 dengan tema "Melalui Kegiatan Polman Robot Contest 2019 kita jadikan Kepulauan Bangka Belitung sebagai Provinsi Berkarakter, Berprestasi, dan Berbudaya dalam wujud Pendidikan Ilmu Teknologi di Aula Polmanbabel, senin (18/11/2019).

Polman Robot Contest 2019 akan dilaksanakan 18 Desember 2019 mendatang dengan 3 kategori yaitu robot soccer, robot line tracer analog dan robot line tracer digital di masing-masing tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Tahap persiapan kontes ini berupa sosialisasi, pendaftaran, pengadaan unit, pelatihan dan latihan bersama yang akan dilaksanakan diakhir November dan awal Desember 2019.

“Ajang kontes robot ini bukan kali pertama dilakukan Polman Babel, biasanya kita laksanakan di awal tahun tetapi untuk tahun ini pelaksanaan dilakukan di akhir tahun," Jelas Husman, M.T selaku Wadir III Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama Polman Babel dalam sambutannya di Aula Polman Babel.

Husman menambahkan, bagi para siswa yang berminat untuk mengikuti ajang ini, tetapi belum tahu tata cara membuat robot, nantinya tim dari Polman Babel akan membantu dan mengajarkan bagaimana cara membuat robot kepada siswa tersebut.

"Semoga tahun ini peminat peserta kontes meningkat dari tahun sebelumnya dengan adanya dukungan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," harapnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Muhammad Soleh, MM memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polman Babel untuk mengadakan kontes robot tingkat SD, SMP, SMA/SMK di Babel, karena pelajar Babel masih belum ada yang mengikuti kompetisi robot ditingkat nasional sehingga ajang ini dapat memicu sekolah untuk lebih berinovasi dan menumbuhkan pengetahuan pelajar dalam kompetisi yang nantinya dapat bertanding di tingkat nasional.

Sosialisasi terkait kontes robot ini dapat dilakukan seperti ini, atau pihak Polman Babel dapat membuat surat kepada dinas pendidikan provinsi agar pihaknya dapat menindaklanjuti dan menyampaikan ke sekolah-sekolah yang ada di kabupaten/kota.

"Pemerintah Provinsi Babel melalui Dinas Pendidikan akan mensupport dan sangat mendukung terselenggaranya kontes robot. Semoga banyak sekolah-sekolah nanti yang akan ikut," ujarnya.

Kegiatan kontes robot bagi pelajar ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menjalin kerjasama dalam memahami dan mendalami dunia robotik, meningkatkan kepekaan siswa mempelajari robotik dan menumbuh kembangkan jiwa kompetisi.

Sedangkan untuk reward yang dipersiapkan dari panitia yaitu trophy, uang pembinaan, dan sertifikat. Selain itu Polman Babel juga akan memberikan jalur khusus untuk melanjutkan pendidikan ke Polman Babel bagi pemenang. sedangkan Dinas Pendidikan Kepulauan Bangka Belitung akan menawarkan beasiswa bagi pemenang yang kuliah di Polman Babel.