sorotan-kampus

Polman Babel Sukses Selenggarakan Kontes Robot se- Provinsi Babel

Oleh: Abdurahman Harris Editor: 10 May 2020 - 11:37 sungailiat
KBRN, Sungailiat : Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) menyelenggarakan Polman Robot Contest 2019 dengan tema  "Melalui Kegiatan Polman Robot Contest 2019 kita jadikan Kepulauan Bangka Belitung sebagai Provinsi Berkarakter, Berprestasi, dan Berbudaya dalam wujud Pendidikan Ilmnu Teknologi  di Aula Polmanbabel, pada Rabu (18/12/2019).

Polman Robot Contest 2019 diikuti 31 tim dari 10 sekolah yaitu 7 tingkat SMA/SMK, 2 tingkat SMP dan 1 tingkat SD dengan 3 kategori yang diperlombakan yaitu robot soccer, robot line follower analog dan robot line follower digital. Sebelum pelaksanaan kontes panitia Ostatik Polman Babel telah melaksanakan persiapan kontes ini berupa sosialisasi, pendaftaran, pengadaan unit, pelatihan dan latihan bersama.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Husman,M.T menyampaikan kegiatan kontes robot ini untuk merangsang dan melahirkan calon-calon generasi muda yang kreatif dalam mengembangkan teknologi robotik di masa akan datang. Tahun ini dilakukan di akhir tahun berbeda dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan awal tahun.

"Kegiatan ini diharapkan dapat berkesinambungan ke level yang lebih tinggi, bisa jadi ditingkat nasional tetapi kita harus siapkan dulu SDM nya,"  jelas Husman dalam sambutan pembukaan kontes robot 2019.

Husman menambahkan, Polman Babel akan memberikan peluang jalur khusus bagi para siswa berprestasi di bidang robotik yang berminat masuk Polman Babel. Dan pemerintah provinsi akan memberikan beasiswa.

Adapun Para Juara Polman Robot Contest 2019. Para peserta dari SD, SMP, SMA/SMK Provinsi Babel telah mengikuti ajang kontes robot. Pengumuman pemenang disampaikan saat acara penutupan kegiatan Polman Robot Contest 2019 dengan 3 kategori diantara nya :
Kategori Robot Line Follower Analog
Juara 1 dari SMP IT Albina 
Juara 2 dari SMK YPN Belinyu
Juara 3 dari SMP IT Albina
Kategori Robot Line Follower Digital 
Juara 1 dari SMKN 2 Pangkalpinang
Juara 2 dari SMA Namang
Juara 3 dari SMAN 1 Sungailiat
Robot Soccer
Juara 1 dari SMAN 1 Sungailiat
Juara 2 dari SMA Muhammadiyah Toboali
Juara 3 dari SMAN 1 Namang 

Para juara mendapatkan piala, uang pembinaan dan sertifikat. Penutupan Polman Robot Contest 2019 ditutup langung oleh Direktur Polman babel, Sugeng Ariyono, M.Eng,. Ph.D. 

Di kesempatan itu dirinya juga mengatakan, kontes ini bukan ajang kompetisi, tetapi ajang untuk berkolaborasi dalam mempersiapkan di ajang yang lebih tinggi.