budaya

Lestarikan Budaya Lokal, Bangka Gelar Lomba Senam Bedincak

Oleh: Ratna Sari Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:37 sungailiat

KBRN, Sungailiat ; Di era perkembangan zaman sekarang ini, Pemerintah Kabupaten Bangka berupaya agar dapat mempertahankan kebudayaan lokal sehingga tetap ada di masyarakat.

Ancaman dunia gadget berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat, karenanya perlu strategi yang mampu menarik minat masyarakat agar dapat menekuni kembali kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan lokal khususnya di Kabupaten Bangka, diantaranya Kejuaraan Senam Bedincak yang bertajuk Bupati Cup Tahun 2019.

Perlombaan tersebut merupakan upaya memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya ataupun kreasi lokal daerah Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka.
Ketua pelaksana kegiatan, Yudi Afrizal mengungkapkan kejuaraan yang diikuti 101 kelompok peserta ini, berasal dari Kabupaten Bangka hingga Bangka Barat dan Kota Pangkal Pinang juga turut memeriahkan kejuaraan senam bedincak Bupati Cup.

"Kita melibatkan para pelajar dari SD hingga SMA sederajat. Selain itu, ada juga kategori umum dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka," ujar Yudi, Sabtu (21/12/2019) di Halaman Kantor Bupati Bangka.

Ditambahkannya, tujuan pelaksanaan kejuaraan senam bedincak Bupati Cup ini juga merupakan upaya memberikan motivasi dan semangat kepada para pelajar dalam berkreasi dan memupuk rasa cinta terhadap budaya lokal.

Selain itu juga sebagai sarana hiburan dan menunjang pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka.

Ketika pembukaan lomba, Bupati Bangka, Mulkan mengungkapkan senam bedincak merupakan kesenian lokal daerah yang telah dikreasikan, sehingga perlu dikembangkan dan dilestarikan guna mendukung kepariwisataan Kabupaten Bangka.

"Senam ini berasal dari tarian daerah kita, tetapi melalui modifikasi, kreasi dan tidak menghilangkan gerakan dasar menjadikan kesenian lokal yang lebih menarik. Sehingga dapat menarik wisatawan dan mendukung pariwisata di Kabupaten Bangka," ungkap Mulkan.


Demi menunjang kesenian di Kabupaten Bangka, Pemkab Bangka juga membangun sarana dan prasarana penunjang kesenian, diantaranya yaitu rencana pengembangan museum seni di Gedung Juang dan panggung kesenian di Hutan Kota.