press-release

4 Pegawai Polman Babel Raih Beasiswa Studi Lanjut Ke Taiwan

Oleh: Abdurahman Harris Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:36 sungailiat
KBRN, Sungailiat : Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) kembali mendapatkan beasiswa studi lanjut ke luar negeri. 4 orang pegawai Polman Babel diantaranya 2 orang Dosen dan 2 orang instruktur yang terpilih untuk melanjutkan Beasiswa Pendidikan Kerjasama dengan National Yunlin University of Science and Technology di Taiwan. Dua orang Dosen yang terpilih tersebut adalah Herwandi, M.T., dan Zulfan Yus Andi, M.T., mengambil program S3 Teknik Mesin sedangkan 2 orang instruktur yg terpilih adalah Amril Reza, S.Tr.T., untuk program S2 Teknik Mesin, Clara Lavita Angelina, S.Tr.T., mengambil program S2 Teknik Electronika. 

Direktur Polman Babel, Sugeng Ariyono,M.Eng.,Ph.D bersama Ketua Jurusan Teknik Mesin Bapak Fajar Aswin, M.Sc dan Sekretaris Jurusan Teknik Electronika Bapak Yudhi, M.T. memberikan arahan serta wejangan kepada para penerima beasiswa pendidikan di Taiwan setelah proses penandatangan surat perjanjian antara penerima program beasiswa pendidikan kerjasama Yuntech dengan Polman Babel. 

"Harapan kami para penerima beasiswa dapat menjaga diri, dan memperhatikan budaya yang berlaku serta bisa beradaptasi dengan lingkungan pendidikan di Taiwan, langkah awal yang harus dilakukan adalah jagalah attitude," pesan Sugeng di ruang rapat pimpinan Polman Babel, Senin (30/12/2019).

Para dosen yang melanjutkan S3 diharapkan dapat mengembangkan penelitian sehingga memberi manfaat bagi Polman Babel, Bangka Belitung atau bahkan negara. "Strategi susunlah rencana studi yang baik dan mematuhi instruksi supervisor disana agar dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu," tambah Sugeng.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Polman Babel, Dedy Ramdhani Harahap, M.Sc. menjelaskan, bahwa program kerjasama pendidikan ini merupakan implementasi MoU yang dilakukan antara Polman Babel dengan Yuntech-Taiwan. 

Sepanjang tahun 2019 ini, KUI Polman Babel mendapatkan banyak kuota beasiswa untuk program S2 dan S3 di China dan Taiwan. Tercatat saat ini di tahun 2019, baru 2 orang Dosen yg melanjutkan pendidikan S3 di STUST-Taiwan sedangkan untuk tahun 2020, 4 orang yang akan melanjutkan studi di Yuntech-Taiwan. 

Program internasional yang akan diikuti tahun depan diantara program student exchange antar Politeknik se-Asia Tenggara dalam kegiatan SEA-TVET 2020. Di tahun depan pun Polman Babel akan mencoba untuk berpartisipasi dalam kegiatan Erasmus+ bekerjasama dengan 6 universitas dalam negeri dan 3 universitas di Eropa.

"Semoga kedepannya makin banyak kesempatan yang terbuka untuk Polman Babel untuk kemajuan pendidikan di Bangka Belitung," pungkasnya.