sorotan-kampus

BIG Hibahkan Peralatan Kepada PPIDS UBB

Oleh: Lalang Gumilang Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:35 sungailiat
KBRN, Merawang; Badan Informasi Geospasial (BIG) menghibahkan sejumlah peralatan kepada Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) Universitas Bangka Belitung (UBB).

Ketua Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) Universitas Bangka Belitung (UBB) Wahri Sunanda didampingi pengurus PPIDS UBB Ghiri Basuki (Ketua TIK) UBB mengcek sejumlah peralatan PPIDS itu yang dihibahkan di ruang Teknologi Informasi Kominikasi UBB. Pengecekan diantaranya dengan menghidupkan komputer canggih hibah dari BIG, Rabu (15/1/2020)

Menurut Wahri penghibahan itu menyusul Pengurus Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) universitas mengusulkan agar PPIDS berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UBB bukan di bawah rektor.

Ketua PPIDS UBB, Wahri Sunanda melalui Press UBB, mengatakan PPIDS sebuah lembaga strategis dan penting bagi akselerasi pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, selama ini berada di bawah rektor. Namun untuk memastikan posisi lembaga ini di UBB, PPIDS diusulkan berada di bawah LPPM sebagai pusat studi atau kajian, karena dalam OTK (Organisasi Tata Kelola) UBB tidak tercantum lembaga sejenis ini

“PPIDS UBB itu memang merupakan wakil dari Badan Informasi Geospasial (BIG) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kita seperti biasa tetap berkoordinasi dengan BIG. Tapi dari sisi OTK lah kita (PPIDS-red) memilih menjadi pusat studi. Melalui pusat studi itu kita dapat mengajukan dana,” ulas Wahri yang juga Dekan Fakultas Teknik UBB, Rabu (15/1/2020)

Dikemukakan Wahri, Ketua PPIDS UBB dulunya adalah Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc. Namun setelah Prof Agus kembali ke Universitas Diponegoro (Undip), dirinya ditunjuk oleh Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi menjadi ketua PPIDS antar waktu.

“Tugas-tugas diemban PPIDS itu sangat besar dan beragam. PPIDS itu membantu pemerintah daerah di provinsi ini. Karena itulah kami, PPIDS, sedang mengiventarisir kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan pada masa lalu, dan menyusun rencana atau kegiatan-kegiatan tahun 2020 dan tahun depan,” tukas Wahri.

Pengusulan PPIDS itu terungkap pada Rapat pertama di awal tahun 2020 ini dihadiri Mardiah (Prodi Teknik Pertambangan), Sujadmi (Prodi Sosiologi), Ghiri Basuki (Prodi Teknik Elektro), Yayuk (Prodi Teknik Sipil), Irvani (Teknik Pertambangan), Irma (Ilmu Kelautan), Wahyu Hadi (Manajemen Sumberdaya Perairan) dan Eddy Jajang J Atmaja (Agribisnis).