budaya

Empat Atraksi Wisata Babel masuk Calender of Event Wisata 2020

Oleh: Ivansona_Al Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:35 sungailiat

KBRN,PANGKALPINANG; Jelajah Pesona Jalur Rempah di Manggar Kabupaten Belitung Timur,Tanjung Kelayang Festival di Kabupaten Belitung,event sport tourism Sungailiat Triathlon di Kabupaten Bangka dan Toboali City on Fire di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terpilih masuk ke dalam Calender of Event (CoE) Wonderfull Indonesia 2020 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Riva'i kepada RRI,Rabu(15/1/2020) di Pangkalpinang.

Menurut Riva'i,dipercayanya ke empat atraksi wisata usulan dari Bangka Belitung tersebut merupakan kebanggaan,sekaligus tantangan besar yang harus dijawab dengan penyelenggaraan yang baik.

"Ini bukti pariwisata di Bangka Belitung ini makin diperhitungkan.Sebagai provinsi yang termasuk masih muda di negeri ini tentu merupakan kebanggaan bagi Bangka Belitung.Artinya Kemenparekraf menilai daerah kita mampu untuk menyelenggarakan event yang besar,yang menyangkut kesuksesan Wonderfull Indonesia ini,dan itulah tantangannya,bagaimana menjadikan atraksi wisata ini sukses dalam penyelenggaraan dan juga sukses menarik minat wisatawan"kata Riva'i.

Ditambahkan Riva'i,semua elemen pelaku pariwisata di Bumi Timah baik pemerintah provinsi,kabupaten tempat ke empat event tersebut berlangsung,pengusaha yang bergerak dalam dunia pariwisata di Bangka Belitung seperti travel,usaha kuliner,hotel dan juga masyarakat harus siap menjamu pelancong yang datang.

"Jangan sampai memberi kesan buruk bagi wisatawan yang datang ke Bangka Belitung ini,ini adalah moment berharga yang harus betul - betul dimanfaatkan untuk kita memajukan pariwisata di Bangka Belitung,semua harus siap,"demikian tegas Riva'i.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung,Riva'i mengharapkan di tahun-tahun mendatang semakin banyak lagi atraksi-atraksi wisata atau event budaya di Negeri Laskar Pelangi yang bisa masuk Calender of Event Indonesia agar Bangka Belitung lebih dikenal.

"Tentu kita sangat mengharapkan kemajuan dunia pariwisata di Bangka Belitung ini,karena itulah salah satu harapan kita bila biji Timah dalam perut bumi Babel ini tak bisa lagi dieksploitasi,tentu kita harus siap dari sekarang.Semoga makin banyak event yang bisa kita garap dan harus dengan kemasan menarik agar wisatawan makin tertarik,pulang ke daerah atau ke negaranya,mereka jadi ingin balik,"pungkasnya.