hukum

Cegah Tipikor, Pengadilan Negeri Sungailiat Canangkan WBK & WBBM

Oleh: Bustomi Achmad Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:34 sungailiat

KBRN. SUNGAILIAT. Dalam upaya mewujudkan pemberantasan korupsi, gratifikasi dan pungli, Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB mencanangkan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada hari Senin (27/1/2020) Pagi. 

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Drs Andi Hudirman, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Mendra Kurniawan, Kapolres Bangka AKBP. Aris Sulistyono, Plh Kepala Lembaga Permasyarakatan Bukit Semut Bangka Mulsa Afrianto,  dan unsur Forkopimda lainnya. 

Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat Kelas IB Fatimah S.H., M.H kepada RRI Senin (27/1/2020), mengatakan Pengadilan Negeri ( PN ) Sungailiat telah melaksanakan program-program untuk mendorong terjadinya perubahan yang signifikan dalam memberikan pelayanan prima dan bebas dari KKN.

“ Seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Sungailiat dari Pimpinan Sampai Staf berkomitmen melaksanakan Program program zona integritas khususnya dalam pencegahan korupsi serta peningkatan kualitas pelayanan publik menuju pelayanan prima”, jelas Fatimah.

Di jelaskannya Perubahan itu diawali dengan mengaktualisasikan pencanangan Zona Integritas di PN Sungailiat yang mana autcome-nya adalah terbentuknya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di seluruh unit kerja pada PN Sungailiat. 

Ia juga menuturkan bahwa pencanangan zona integritas Pengadilan Negeri Sungailiat sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81/2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2015 dan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 52/2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi dan melayani, serta SK KMA no 58/KMA/SK/III/2019 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.

“Oleh sebab itu dengan pencanangan zona integritas ini diharapkan terdapat perubahan dan perbaikan nyata sebagai landasan kokoh demi terwujudnya performa kinerja Pengadilan Negeri Sungailat yang unggul. Semangat berintegritas, kerja keras, kerja cerdas dan solidaritas dari seluruh stakeholder merupakan suatu langkah awal yang baik untuk merealisasikan program ini,” lanjutnya