ekonomi

Wabup Belitung : KUMKM Jangan Lelah Berinovasi

Oleh: Ivansona_Al Editor: 10 May 2020 - 11:32 sungailiat

KBRN, Sijuk : Wakil Bupati Belitung,Isyak Meirobie mendorong para pelaku KUMKM Kabupaten Belitung untuk terus berinovasi dalam mengembangkan usahanya. Hal tersebut disampaikan Wabup saat membuka kegiatan Sinergi Pengembangan Investasi Usaha KUMKM di kawasan KEK Pariwisata Tanjung Kelayang,bertempat di Ballroom Hotel Swiss Bell Resort,Desa Tanjung Binga,Kecamatan Sijuk,Kamis (13/2/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia,Deputi Bidang Rekstrukturisasi Usaha bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM,Per dagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung.

Dikatakan Isyak,saat ini kita harus bersiap dan berbenah untuk meningkatkan produktifitas koperasi dan UMKM Belitung dengan giat melakukan kreasi dan inovasi.

“Kabupaten Belitung memiliki potensi yang semakin hari semakin berkembang.Hal ini merupakan peluang yang harus kita manfaatkan.Jawabannya adalah dengan inovasi yang bisa dipelajari dari perjalanan karir yang telah dicapai hingga saat ini.Dan yang terpenting,jangan pelit untuk saling sharing dan berbagi ilmu,pengetahuan dan pengalaman dengan yang lainnya”, kata Isyak.

Kepada RRI Wabup Belitung juga menjelaskan bahwa dalam berusaha terdapat 6 kunci utama yang harus diperhatikan atau disebut dengan prinsip 6M.

“Mimpi,mainset (cara berpikir),mentalitas,man power atau sumber daya manusia,money,dan market .Itu yang harus dimiliki.Ke enam elemen tersebut ditambah satu hal lagi yang harus diperkuat adalah networking ( jaringan) .Tidak ada orang sukses yang bisa berjalan sendiri.Kita butuh jaringan,investasi,sinergitas dan lainnya.Sekarang ini era akselerasi dan konsistensi.Hal-hal inilah yang harus menjadi perhatian kita bersama,”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Isyak juga mengajak para pelaku usaha untuk terus membranding Belitung serta menggunakan kesempatan yang ada dengan terus mencari peluang usaha untuk menghidupkan roda perekonomian di Kabupaten Belitung.

“Kedepan,akan ada banyak festival dan event besar yang akan digelar dengan melibatkan KUMKM.Saya minta Dinas/Instansi terkait untuk bersiap dan kepada pelaku KUMKM diminta agar dapat terus meningkatkan kualitas produknya.Terus koreksi diri,karena di tahun 2020  ini akan ada banyak kejutan-kejutan baru yang akan membranding Belitung agar semakin tinggi terbangnya,”pungkas Isyak.