• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ini Metode Yang Digunakan BPS Pada Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

15 February
21:03 2020

KBRN, Sungailiat : Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sabtu (15/2/2020) melakukan sosialisasi sekaligus melaunching dimulainya sensus penduduk secara online tahun 2020. Di salah satu cafe yang ada di kota Sungailiat.

Kepala BPS Bangka Dewi Savitri mengatakan, Berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya yang menggunakan metode konvensional. Sensus penduduk 2020 menggunakan Metode Kombinasi. BPS menggunakan data administrasi kependudukan dari Dinas Dukcapil Bangka sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan Sensus.

"Sensus penduduk kali ini dilakukan dengan dua tahap. Tahap Pertama adalah sensus penduduk secara online dimulai dari 15 februari -  31 maret 2020. Pada tahap ini masyarakat dapat berpartisipasi langsung mengisi daftar pertanyaan secara online. Tahap kedua, adalah sensus penduduk wawancara dimulai dari 1 - 31 juli 2020. Pada tahap ini, petugas sensus mendatangi masyarakat yang tidak berpartisipasi dalam Sensus penduduk untuk mendata secara manual," jelas Dewi.

Dewi menerangkan, bagi masyarakat yang ingin melakukan pendataan mandiri secara online. dia hanya perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan mengisi beberapa pertanyaan yang diberikan. Serta menyiapkan dokumen kependudukan berupa KTP dan KK. Mendaftar melalui situs www.sensus.bps.go.id.

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga penandatangan komitmen untuk mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 bersama unsur Formopimda Kabupaten Bangka. Hal itu sebagai bentuk dukungan secara nyata dari seluruh pihak terkait dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Sebenarnya komitmen dukungan sensus penduduk 2020 di kabupaten Bangka sudah dilakukan. Hanya saja kita butuh semacam piagam komitmen agar bisa di dokumentasikan. Oleh karena itu pada hari pertama dimulainya sensus ini, kita lakukanlah penandatangan komitmen tersebut," pungkasnya.

00:00:00 / 00:00:00