• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

INFO PUBLIK

Rutin Donor Darah, Ternyata Ini Sisi Positifnya

16 February
09:23 2020

KBRN, Sungailiat : Manfaat berdonor darah memiliki dua sisi positif bagi pelakunya, antara lain dapat menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan bagi tubuh serta dapat membantu sesama yang membutuhkan darah.

Kendati memiliki banyak manfaat positif, kepedulian masyarakat dalam berdonor darah masih belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang memerlukan darah karena masih banyaknya masyarakat yang kurang mengetahui dampak berdonor darah serta adanya keraguan terhadap pengelolaan darah yang di perjual belikan serta rasa takut ketika berdonor darah itu sendiri.

Pendonor darah aktif asal Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Daman mengatakan, selama menjadi pendonor darah aktif banyak manfaat yang di dapatkan dari berdonor darah termasuk beberapa penyakit yang di derita pada waktu sebelumnya berangsur sembuh dan menghilang.

" Semenjak donor darah, keluhan yang dulunya saya rasakan seperti keram, kesemutan dan sering pusing kepala, sekarang sudah hilang secara berangsur," Katanya, Minggu (16/2/2020).

Selain itu menurutnya, donor darah menjadi ladang pahala dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah dan menambah pertemanan sosial dari pertemuan dengan pasien dan pendonor lainnya.

" Banyak sekali manfaatnya, kita dapat berbuat sosial kepada sesama, banyak teman baru dan menambah wawasan lah," Jelasnya.

Sementara itu terkait besarnya dampak dan manfaat berdonor darah ini, dirinya mengharapkan masyarakat untuk dapat melakukan aksi yang sama peduli dalam berdonor darah, karena mengingat banyaknya kebutuhan darah setiap harinya di berbagai fasilitas kesehatan yang belum di dukung dengan tingginya minat masyarakat dalam berdonor darah.

" Banyak sekali pasien setiap harinya butuh darah, satu pasien bisa 4 sampai 5 kantong, namun pendonor masih sedikit karena takut darahnya di perjual belikan padahal itu untuk biaya penyelenggaraan memproses darah, " Pungkasnya, (RD).

00:00:00 / 00:00:00