info-publik

Komunitas Peduli Sampah : HPSN ini Hari Raya nya Para Penggiat Sampah

Oleh: Editor: Lalang Gumilang 10 May 2020 - 11:31 sungailiat

KBRN, Sungailiat : Peringatan momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 yang jatuh pada hari ini, Jum’at (20/2/2020) di jadikan hal yang bermakna atau menjadi hari raya bagi komunitas dan penggiat peduli sampah.

Di jadikannya hari raya atau momentum yang bermakna bagi para penggiat peduli sampah ini di karenakan peringatan HPSN merupakan wadah berkumpulnya dan menyuarakan inspirasi serta menyampaikan program program positif terkait perkembangan dan pengelolaan lingkungan khususnya masalah sampah.

Ketua Bangka Environment Creative Aktivist Of Kawa – Becak Babel, Arinda Uni Graha menuturkan, HPSN 2020 ini menjadi hari raya bagi seluruh penggiat sampah dan peduli lingkungan, dan pada kali ini khusus di kabupaten bangka yang berlangsung dan di pusatkan di pantai matras dengan melakukan kegiatan pembersihan pantai, di mana sampah yang berhasil di kumpulkan langsung dilakukan pengelolaan dan pemisahan sesuai dengan kategorinya mulai dari organik dan an organik.

“ Ya ini moment kita tunggu tunggu, ini adalah hari raya bagi kami komuditas peduli sampah, HPSN kita di pusatkan di pantai matras lagsung kita lakukan pengelolaan sampahnya,” Katanya, Jum’at (21/2/2020).

Menurutnya, khusus dari komunitas Becak Babel, pihaknya melakukan berbagai kegiatan kreatif dan positifnya dalam HPSN 2020 ini di antaranya pelatihan kepada generasi milenial untuk tergerak dan peduli terhadap pengelolaan sampah sehingga bernilai jual dan bermanfaat serta melakukan kegiatan pemetaan sampah.

“ Banyak hal yang dilakukan pada HPSN tahun ini, kita angkat terkait pengelolaan sampah sehingga memberikan rasa kepedulian kepada masyarakat untuk masalah sampah ini,” Jelasnya.

Sementara itu, Arinda Uni Graha menambahkan, melalaui kegiatan dan momentum HPSN ini, selain sebagai sarana dalam menguatkan program menuju bebas sampah secara nasional, juga meningkatkan kesadaran kepada masyarakat untuk peduli sampah terutama para generasi millenial yang di harapkan menjadi agen perubahan peduli sampah.

“ Semoga kedepan masalah sampah ini menjadi perhatian masyarakat dan para generasi millennial,” Pungkasnya.