• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dive Centre Pulau Buku Limau Manjakan Pecinta Snorkling

22 February
16:15 2020

KBRN, Manggar : Kawasan Pulau Buku Limau yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Belitung Timur,salah satu kabupaten di provinsi Kepulauan Bangka Belitung,menjadi fokus pengembangan wisata bahari oleh pemkab Belitung Timur saat ini.

Menyadari potensi besar dari pulau kecil tersebut,saat ini pengembangan wisata bahari yang memanjakan pecinta snorkling sudah mulai dilakukan oleh pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,yakni dengan membangun dive centre atau pusat selam di kawasan Pulau Buku Limau.

Pulau Buku Limau sendiri menyimpan keindahan terumbu karam yang luar biasa dan pantai yang masih terjaga dengan baik juga air laut sekitar yang jernih.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur,Evi Nardi kepada RRI di Manggar mengatakan pembangunan dive centre jadi prioritas untuk diselesaikan segera.

"Pulau Buku Limau dan juga pulau-pulau kecil disekitarnya itu potensial sekali,ini surganya pecinta snorkling.Jadi kita buat dive centre di sini.Bisa dilihat terumbu karangnya masih indah,pantainya itu juga landai,airnya juga jernih sekali.Ini cocok sekali dikembangkan,"kata Evi Nardi,Sabtu (22/2/2020).

Dengan dibangunnya dive centre tersebut dijelaskan Evi maka trasportasi wisatawan untuk menuju pulau tersebut juga menjadi perhatian.Dan Evi menyebutkan bahwa saat ini wisatawan bisa menyewa perahu wisata yang disediakan nelayan setempat dan pihak Disbudpar Belitung Timur juga menyediakan 7 (tujuh) unit glass bottom boat atau kapal kaca.

"Transportasi ke Buku Limau saat ini sudah mudah,wisatawan bisa sewa perahu nelayan.Kami pun pemda punya tujuh unit glass bottom boat.Jadi wisatawan dari kapal kaca tersebut bisa melihat langsung pemandangan bawah laut dari bagian bawah kapal.Untuk yang snorkling juga bisa gunakan kapal itu,"jelasnya.

Dengan adanya dive centre di Pulau Buku Limau dengan segala kelengkapan fasilitasnya Evi Nardi berharap kemajuan sektor pariwisata di Belitung Timur akan tercapai dan pada akhirnya benar-benar memberi manfaat untuk mensejahterakan masyarakat sekitar.

Dan yang tak kalah pentingnya ditambahkan Evi Nardi wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan tahu bahwa di Negeri Laskar Pelangi ternyata memiliki spot diving menarik yang indah sehingga tertarik menginjakkan kakinya di Belitung Timur serta menikmati keindahan bawah laut di Pulau Buku Limau.

"Kita harus genjot sektor wisata ini,Buku Limau ini bawah lautnya luar biasa,dan saya yakin wisatawan akan terpuaskan bila berkunjung ke sini.Apalagi fasilitasnya lengkap dan baik sekali.Dan semoga masyarakat jjuga bisa makin sejahtera dengan majunya pariwisata di sini,nelayan selain bisa cari ikan juga bisa sewakan perahunya,pokoknya di sini yang hobi snorkling pasti terpuaskanlah,"pungkas Evi.

00:00:00 / 00:00:00