teknologi

Listrik Seluruh Pulau Belitung Kini Terkoneksi

Oleh: Ivansona_Al Editor: 10 May 2020 - 11:31 sungailiat

KBRN, Manggar : Ujicoba Pengaktifan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 Kilovolt (KV) dari gardu induk Manggar ke Tanjungpandan oleh PLN berjalan dengan lancar.

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Manggar,Nadia Rahmawati mengatakan bahwa transmisi sistem tersebut merupakan interkoneksi Gardu Induk Manggar dengan sistem besar di Tanjungpandan yaitu Gardu Induk Suge dan Gardu Induk Dukong.

“Setelah selesai pembangunan transminya kita ujicoba mulai tanggal 23 Februari dan semuanya lancar.Artinya sekarang seluruh Pulau Belitung ini,Kabupaten Belitung Timur dengan Belitung udah nyambung,terkoneksi,”kata Nadia kepada RRI,Selasa (25/2/2020).

Dengan sudah terhubungnya jaringan listrik Kabupaten Beltim dan Belitung ini dijelaskan Nadia tidak ada lagi gangguan dalam hal operasional terutama pada daerah-daerah ataupun titik tertentu yang sering mengalami drop listrik pada saat beban puncak.

“Titik-titik yang selama ini masih ada drop listriknya dengan konektivitas jaringan yang ada seperti ini diharapkan tidak ada lagi ya,jadi pasti lebih maksimal lagilah pelayanan juga dengan adanya itu,”jelasnya

Dan Nadia juga menambahkan bahwa PLN komitmen mendukung pemerintah dalam pemerataan pembangunan terutama di bidang kelistrikan ini.

“Listrik kita kan surplus kurang lebih 30 MW,ditambah aktifnya SUTT 70 KV ini ya itulah bentuk dukungan kita pada pemerataan pembangunan,dan semoga memberi dampak bagus bagi masyarakat di Pulau Belitung,listrik makin lancar ke depan untuk segala sektor,”Nadia mengakhiri.