daerah

Masker Langka,Yulhaidir: Apotek Jangan Manfaatkan Situasi

Oleh: Ivansona_Al Editor: 10 May 2020 - 11:29 sungailiat

KBRN, Manggar : Entah ada hubungannya atau tidak dengan merebaknya isu corona belakangan ini,namun ketersediaan masker dan hand sanitizer di Manggar,Belitung Timur beberapa waktu terakhir mulai sulit dicari.

Dan hal itu disikapi serius Dinas Kesehatan,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Belitung Timur.

Dijumpai RRI di Kantor Bupati Belitung Timur,Senin (16/3/2020) Kepala DKPPKB Kabupaten Beltim,Yulhaidir mengatakan akan bekerjasama dengan Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) untuk melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap seluruh apotek dan toko obat di Kabupaten Belitung Timur.

“Jadi terkait langkanya masker,hand sanitizer,kesiapan obat-obatan dan segala macam  kita akan cek apotek dan toko-toko obat itu.Jangan sampai dimanfaatkan situasi ini untuk buat gaduh,demi keuntungan bisnis.Kami kerjasamakan bagian farmasi di dinas kita dengan Loka POM,kita terus koordinasi dengan mereka untuk pantau dan mengawasinya.”kata Yulhaidir,Senin (16/3/2020)

Disinggung mengenai sanksi terhadap apotek dan toko obat yang dari hasil pemeriksaan nanti terbukti melakukan penyelewengan Yulhaidir menegaskan pasti akan ada sanksi tegas sesuai dengan rekomendasi dari tim yang akan turun ke lapangan.

“Kita lihat nanti hasilnya seperti apa dari hasil pengecekan di lapangan,tapi mudah-mudahan bisa terpantau dalam situasi yang terkendali.Pasti,pasti akan ada sanksi,hukuman bagi apotek dan toko obat yang nakal,sengaja menyimpan ataupun menimbun,ataupun menjual dengan harga tidak wajar.Untuk sanksi ini nanti kita akan koordinasi dengan BPOM karena kewenangannya juga ada yang melekat di mereka untuk pengawasan apotek dan obat,”jelasnya.

Yulhaidir menambahkan merebaknya wabah corona yang jadi masalah global saat ini tidak semestinya dimanfaatkan oknum tertentu untuk membuat resah masyarakat,dan Ia mengharapkan kepada masyarakat Belitung Timur untuk segera melaporkan bila ada oknum apotek dan toko obat yang berbuat curang.

“Karena di situasi seperti ini masyarakat sangat membutuhkan masker,hand sanitizer itu,jadi tidak layaklah ini dimanfaatkan hanya untuk keuntungan bisnisnya,kasihan juga pada masyarakat ya.Kita juga harapkan masyarakat jangan segan untuk menyampaikan bila ada apotek atau toko obat di Belitung Timur yang berbuat curang,”pungkasnya.