daerah

Isyak Meirobie : Putus Mata Rantai Covid 19 Dengan Aksi Solidaritas Sosial

Oleh: Ivansona_Al Editor: 10 May 2020 - 11:29 sungailiat

KBRN, Tanjungpandan : Pemerintah Kabupaten Belitung dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran corona menerapkan Solidaritas Sosial dalam kebijakannya.

Demikian ditegaskan Wakil Bupati Belitung,Isyak Meirobie saat ditanya upaya yang dilakukan untuk mencegah covid-19 bermigrasi atau menyusup masuk ke daerah tersebut.

“Boleh disebut sebagai Solidaritas Sosial bukan lock down.Kalau lock down itu ranah pusat,harus koordinasi dengan pusat.Point-pointnya dituangkan dalam instruksi Bupati Belitung yang intinya mengajak warga untuk menjaga jarak interaksi sosial secara fisik sebagai wujud solidaritas sosial agar kita turut berkontribusi dalam memutus rantai penyebaran corona di Belitung,”kata Isyak. 

Isyak mengatakan beberapa point telah dilaksanakan seperti meminta pelajar sampai tingkat SMP sederajat belajar di rumah dengan metode daring mulai hari Senin kemarin selama 2 (dua) minggu dan juga membatasi aktivitas warga di ruang publik yang melibatkan orang banyak,serta melakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Kabupaten Belitung mulai hari ini,Selasa (17/3/2020).

“Mulai hari ini rumah-rumah ibadah di Kabupaten Belitung akan di semprot disinfektan.Senin kemarin  sekolah hingga tingkatan SMP sederajat kita minta belajar dengan metode daring dari rumah selama 2 (dua) minggu.Kami juga sudah mengecek bersama Kapolres dan Ketua DPRD kondisi stok beras dan lainnya semua dalam keadaan cukup dan aman,”jelasnya.

Dengan Solidaritas sosial yang diterapkan tersebut Isyak berharap masyarakat Kabupaten Belitung tidak menunjukkan kepanikan karena pemerintah dari pusat hingga daerah akan melakukan upaya terbaik untuk warganya dalam menghadapi pandemi covid-19.

“Jangan ada kepanikan,kita tetap upayakan yang terbaik untuk semuanya.Di sini kami tidak ada lock down yg sampai mengisolasi wilayah.Penerbangan tetap lancar meski dengan pengawasan yang lebih ketat. Dan yang penting itu kami meminta warga menjaga diri dengan imunitasnya dan menghindari keramaian,jadi beraktivitas di rumah akan menjadi keputusan yang baik,”pungkasnya.