daerah

Cek Kesiapan Jajaran Medis,Sekda Beltim Monitoring Puskesmas

Oleh: Ivansona_Al Editor: 10 May 2020 - 11:29 sungailiat

KBRN, Beltim : Kegiatan monitoring ke Unit Pelayanan Puskesmas dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung Timur,Ikhwan Fahrozi hari ini,Rabu (18/3/2020).

Hal itu dilakukan guna memantau pelayanan kesehatan bagi masyarakat Belitung Timur sebagai bagian antisipasi dan tindakan penyebaran virus covid-19 yang merupakan implementasi Instruksi Bupati Beltim,Yuslih Ihza,surat edaran Mendagri dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Beberapa lokasi yang menjadi titik kunjungan Sekda Beltim diantaranya Puskesmas Manggar,Puskesmas Simpang Renggiang,dan Puskesmas Gantung.

Dalam kunjungannya Sekda berdialog dengan pimpinan Puskesmas Manggar,Simpang  Renggiang,dan Puskesmas Gantung dengan mendengarkan penjelasan detail dari para pimpinan puskesmas terhadap data terkini dan  sejauh mana tindakan teknis yg dilakukan hingga kendala kendala teknis medis peralatan dan personil yg dihadapi saat ini.

“Pemerintah daerah akan segera melengkapi peralatan medis dengan pengadaan peralatan Biotermal,ini nantinya berguna membantu deteksi dini kesehatan pasien dan warga dalam pantauan,”kata Sekda Beltim dalam dialog tersebut.

Di kesempatan tersebut Ikhwan Fahrozi menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Daerah telah membentuk Satgas Tanggap Bencana yang  melibatkan semua stakholder yang sekretariatnya ada di BPBD Kabupaten Beltim.

“Jadi saat ini telah dibentuk Satgas Tanggap Bencana,yang perannya sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Beltim,”imbuhnya.

Selain itu Ikhwan juga menegaskan monitoring yang dilakukan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberi ketenangan bagi masyarakat dan juga pemerintah daerh ingin memastikan semuanya siap dalam menghadapi situasi yang dibutuhkan dalam penanganan pasien.

“Intinya kita ingin masyarakat tenang,justru para pejabat pemda juga telah diminta untuk tidak menambah kepanikan publik namun harus pro aktif membangun publikasi dan komunikasi positif menenteramkan warga agar tetap tenang dan sama-sama membangkitkan semangat positif dengan tetap melakukan hal-hal positif bersama jajaran medis dan semua stakeholder,”jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinkes Kabupaten Belitung Timur,Febby Sandranita yang mendampingi Sekda dalam monitoring tersebut menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan Beltim segera melakukan fogging  pada tempat tempat ibadah dan ruang publik dengan melibatkan petugas Pol PP dan petugas lapangan lainnya.

“Untuk tempat-tempat ibadah serta titik-titik keramaian atau ruang publik segera kita fogging menyeluruh,penyemprotan disinfektan juga.Nanti selain petugas-petugas lapangan yang telah kita siapkan,juga akan melibatkan petugas dari Satpol PP Belitung Timur,”tambah Febby.

Dari kunjungan tersebut Ikhwan menyimpulkan kesiapan jajaran medis di tingkat pelayanan cukup baik dan belum ditemukan kejadian yg tidak diinginkan,namun semua pihak diharapkan bahu-membahu dalam menyikapi antisipasi persoalan yang dihadapi dunia saat ini.

“Kita semua mesti bahu-membahu,membangun kebersamaan dalam mengantisipasi persoalan yang sudah jadi persoalan yang dihadapi di seluruh dunia saat ini.Kesiapan jajaran medis Saya kira cukup baik dan alhamdulillah memang kita belum menemukan kejadian yang tidak kita inginkan bersama,semoga tidak,pungkasnya.