pilkada-serentak

KPU Belitung Timur Pastikan Semua Tahapan Pilkada Lancar

Oleh: Ivansona_Al Editor: 10 May 2020 - 11:28 sungailiat

KBRN, Manggar: KPU Kabupaten Belitung Timur menyatakan hingga saat ini belum ada instruksi dari KPU RI untuk menghentikan tahapan Pilkada Serentak berkaitan dengan semakin banyaknya pasien positif corona di Tanah Air.
Untuk itu KPU Beltim tetap akan menunggu langkah dari KPU Pusat dalam melihat perkembangannya ke depan.

Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan, Yuli Restuwardi saat dijumpai RRI di ruang kerjanya, Rabu (18/3/2020).

Yuli Restuwardi mengatakan dari edaran yang baru saja diberikan KPU RI kepada KPU di seluruh daerah mengatur beberapa hal terkait sikap KPU dalam melihat perkembangan meluasnya sebaran covid 19,namun belum sampai pada level menghentikan tahapan Pilkada Serentak yang sedang berlangsung.

“KPU RI telah mengeluarkan 2 (dua) sikap ya yang tercermin dari keterangan pers dan surat edaran.Untuk keterangan pers sifatnya lebih umum dengan penekanan bahwa kegiatan-kegiatan KPU harus memperhatikan aspek keselamatan baik peserta maupun penyelenggara dan menghindari berkumpulnya masyarakat dalam jumlah yang besar ya.Sedangkan dari surat edaran yang telah diterima KPU Beltim telah diatur semuanya termasuk di dalamnya point tentang apa yang mesti dilakukan terkait teknis pelaksanaan Pilkada dan apa yang mesti dilakukan saat menghadapi situasi tertentu,”kata Yuli.

Disinggung apakah tahapan pelaksanaan pilkada yang dilaksanakan oleh KPU Beltim terpengaruh dengan pandemi corona,Yuli Restuwardi menyatakan hingga sekarang semua tahapan pilkada di Beltim dapat terlaksana dengan baik dan bahkan saat ini pihaknya sedang dalam masa perekrutan anggota PPS untuk pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur.

“Jadi tahapan tetap berjalan hanya KPU RI memberikan catatan seperti dari aspek sarana prasarana KPU semua jenjang harus perhatikan ketersediaan alat-alat sanitizer,sedangkan untuk penyelenggaraan kegiatan di daerah ditekankan untuk pengumpulan massa dalam jumlah besar ditunda sementara.Tapi untuk rapat prioritas terkait hal-hal penting harus tetap terlaksana.Sekarang pun kita dalam tahapan perekrutan anggota PPS”jelasnya.

Ditambahkan Yuli Restuwardi KPU Beltim berharap semuanya dapat berjalan sesuai agenda dan menyebarnya wabah corona di tanah air dapat tertangani  segera sehingga tidak mengganggu agenda-agenda penting seperti Pilkada Serentak.

“Semoga segera berakhir ya, pandemik corona bisa tertangani dengan baik, jadi agenda-agenda penting tahun ini seperti pelaksanaan pilkada serentak di berbagai daerah bisa berjalan semestinya,”pungkasnya.